PKK Br. Mandala Sari Denpasar Gencarkan Gerakan “Amir” - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Selasa, 30 Oktober 2018

PKK Br. Mandala Sari Denpasar Gencarkan Gerakan “Amir”

Dorong Anak Rajin Minum Air Putih

Denpasar,balikini.Net - Kebiasaan minum air putih rupanya masih menjadi persoalan serius bagi masyarakat Indonesia. Bukan hanya orang dewasa saja yang malas minum air putih, tapi hal ini juga tertular pada anak-anak. Tak sedikit anak lebih tertarik memilih minuman tinggi gula, bahkan soda. Padahal, asupan air putih yang kurang dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan.

Melihat hal tersebut PKK Br. Mandala Sari, Desa Dangin Puri Kelod, Kecamatan Denpasar Timur dorong anak untuk rajin minum air putih melalui gerakan Ayo Minum Air (AMIR). Gerakan AMIR ini dimulai dari PAUD Mandala Kumara yang menjadi Duta Provinsi Bali untuk lomba gerakan hidup sehat melalui AMIR. Evaluasi gerakan AMIR dilakukan TP PKK Pusat yang diterima Wakil Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Tjokorda Isteri Putri Hariany yang didampingi Wakil Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. Antari Jaya Negara, Selasa (30/10) di Br. Mandala Sari, Desa Dangin Puri Kelod, Kecamatan Denpasar Timur Denpasar.

Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster dalam sambutan tertulisnya menyampaikan gerakan AMIR ini memberikan edukasi pada masyarakat pentingnya untuk minum air. Mengingat air mempunyai peran sangat besar dalam metabolisme tubuh dalam mewujudkan kesehatan.

Ny. Putri Suastini Koster juga mengajak gerakan minum air hendaknya mulai dari keluarga mengingat keluarga bagian terkecil dari masyarakat. Setelah adanya TOT (training of trainer) dari PKK Pusat diharapkan seluruh wilayah di Bali sehingga gerakan AMIR tidak hanya dilakukan saat ada evaluasi. Ny. Putri Suastini Koster juga menyampaikan terimakasih atas dukungan Pemerintah Kota Denpasar yang telah mengantarkan posyandu Mandala Sari maju ketingkat nasional.

Ketua Tim Penilai PKK Pusat Rachmawati Amanullah menyampaikan evaluasi yang dilaksanakan merupakan tindak lanjut TOT yang telah dilakukan di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Bali. Dari hasil evaluasi administrasi TOT Kota Denpasar dalam hal ini Br. Mandala Sari berhasil meraih yang terbaik dalam bidang administrasi. Untuk itu sekarang ini dilakukan evaluasi terhadap gerakan AMIR. “Kami harapkan gerkan AMIR dilaksanakan hanya saat penilaian melainkan dilaksanakan secara berkelanjutan,” ujarnya. Dalam kesempatan tersebut Rachmawati merasa terpukau terhadap berbagai inovasi yang telah dilaksanakan PAUD Mandala Kumara.

Kader PKK Br. Mandala Sari, Ni Made Kasmiati menyampaikan Gerakan Ayo Minum Air (AMIR) merupakan program PKK Pusat yang bekerjasama dengan swasta PT Investama Danone AQUA berupaya untuk menggencarkan melakukan gerakan minum air putih. Hal ini untuk mengatasi berbagai dampak akibat kekurangan minum air putih. Gerakan ini mulai dari Posyandu dan Pos PAUD Mandala Kumara menjadi salah satu Duta Provinsi Bali maju ke tingkat nasional. Disamping itu menurut Kasmiati dari gerakan AMIR ini dapat mewujudkan hidup sehat sejak dini.(Gst/r5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net