Seminar Nasional Bela Negara - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Kamis, 25 Oktober 2018

Seminar Nasional Bela Negara

Ajak Para Peserta Menyelesaikan permasalahan Kota

Denpasar,Balikini.Net - Pemerintah Kota Denpasar mengajak para peserta seminar nasional bela negara yang terdiri dari siswa SMP, SMA/SMK dan mahasiswa serta purna paskibraka untuk membantu menyelesaikan permasalahan Kota Denpasar seperti permasalahan kependudukan, lalulintas dan kebersihan. Demikian disampaikan Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara saat membuka seminar nasional bela negara mewakili Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, di Gedung Sewaka Dharma, Jumat (26/10). Seminar nasional yang berlangsung sehari diikuti ratusan peserta dengan menghadirkan nara sumber Dansat Brimob Polda Bali, Kombes Pol. Yopie Indra Prasetya, SIK., Msi, Kepala PKP Provinsi Bali Kol. Inf. Ketut Budiastawa S.Sos, M.Si, Ketua Umum Purna Paksibraka Indonesia (PPI) Pusat Gousta Feriza dan Ketua PPI Kota Denpasar Made Adi Agustisna. Seminar ini dihadiri juga Kepala Badan Kesbangpol Kota Denpasar Komang Sugiara dan instansi terkait.
Lebih lanjut Rai Iswara menambahkan selain membantu untuk mengatasi permasalahan kota melalui seminar ini diharapkan semua peserta mampu mempertahankan nasionalisme yang merupakan salah satu unsur bela negara. Untuk itulah penguatan akar budaya daerah sangat perlu dilakukan salah satunya dengan mempergunakan bahasa daerah dan busana daerah. “Kedua unsur ini merupakan butir-butir emas kebudayaan nasional yang ada pada akar budaya daerah,” ujar Rai Iswara. Untuk itu di Bali dan Kota Denpasar telah menerapkan penggunaan bahasa Bali serta busana daerah pada hari kamis, saat tilem dan purnama. Ini sangat penting dilakukan sebagai penguatan identitas diri.
Rai Iswara juga berharap usai seminar ini agar ada tindak lanjut atas hasil seminar ini. Sehingga dapat sebagai referensi bagi para peserta dan masyarakat dalam mempertahankan rasa nasionalisme untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Ketua Umum PPI Pusat Gousta Feriza menyampaikan sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Denpasar yang telah memfasilitasi untuk seminar nasional ini. Mengingat pentingnya seminar ini ditengah tantngan global yang sangat sulit untuk di bendung. Untuk itu Ia mengajak para peserta dan seluruh masyarakat saat ini harus berperang melawan HOAK yang sering terjadi di media sosial. “HOAK merupakan tantangan terbesar negara disaat ini. Karena melalui HOAK dapat memecah belah persatuan dan negara NKRI ini,” ujarnya.
dan Ketua PPI Kota Denpasar Made Adi Agustisna menyampaikan seminar nasional ini telah dirancang sejak lama. Dan berkat dukungan penuh Pemerintah Kota Denpasar semuanya dapat terlaksana dengan baik. Ia berharap seminar ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat dalam menjaga negara kesatuan RI. “Kami berharap hasil seminar ini dapat bermanfaat bagi semua masyarakat sebagai refernsi dalam menjaga NKRI,” ujarnya (Gst/r4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net