-->

Selasa, 23 Oktober 2018

Siswa SMAN 1 Semarapura Jadi Delegasi Indonesia Ke Paris Perancis

Siswa SMAN 1 Semarapura Jadi Delegasi Indonesia Ke Paris Perancis

Klungkung,Balikini.Net - Salah seorang siswa berprestasi asal Kabupaten Klungkung akan berkiprah ditingkat  Internasional . Dia adalah Ni Ketut Wulandari Ari (17) siswi kelas 12 SMAN 1 Semarapura yang akan menjadi delegasi asal Indonesia pada ajang Internet Governance Forum di Kantor UNESCO Paris, Perancis 11 November mendatang. Demikian  diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Klungkung Dewa Gde Darmawan saat mengantarkan siswanya berpamitan dan memohon doa restu kepada Bupati KLungkung I Nyoman Suwirta di ruang kerjanya Selasa (23/10).   

Indonesia mengirimkan 7 orang pilihan untuk menjadi delegasi dan Ni Ketut Wulandari Ari menjadi satu satunya pelajar asal Bali yang ditunjuk oleh Kementerian. Terpilihnya siswi asal Desa Tegak, Kecamatan Klungkung ini menjadi salah satu delegasi adalah berkat prestasinya menjuarai sejumlah lomba pidato bahasa Inggris, dan puncaknya ketika menjuarai lomba di Universita Gajah Mada  Jogjakarta  beberapa waktu lalu. Untuk mengikuti event Internasional di Paris nanti, Ni Ketut Wulandari Ari mengaku telah melakukan sejumlah persiapan diantaranya menyiapkan 111 materi  dengan 8 tema yang berbeda. Event Internet Governance Forum sendiri akan dilakasakan mulai tanggal 11 s/d 15 November mendatang.

Selain mengantarkan Ni Ketut Wulandari Ari, Kadisdik Dewa Gde Darmawan bersama sejumlah guru juga mengantarkan sejumlah siswa yang akan mengikuti lomba ke Tingkat Nasional. Mereka diantaranya Luh Ketut Priska Parama Nanda, siswi kelas 11 MIPA SMAN 1 Semarapura,  yang akan berlomba Cerpen di Bogor Jawa Barat, dalam rangka Festival dan Lomba Literasi Sekolah tingkat SMA oleh Direktorat PSMA Kemendikbud.

Untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), sejumlah siswa SDN 1 Semarapura Kangin juga berpamitan. Mereka diantaranya Putu Talitha Dianti Faradila dalam lomba Menulis Cerpen, I Gede Ramana Suypa Gunawan lomba Mendongeng serta Vayed Zabihullah Ghadzali  Alfatih, Ni Putu Vivin Widyadari dan ni Made Niti Artasari sebagai peserta lomba Baca Puisi. Kelima siswa SD ini akan mengikuti kegiatan Festival dan Lomba Literasi Nasional  (FL2N) tingkat SD  tahun 2018 di Hotel Bogor, Kota Bogor Jabar. Kegiatan akan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 27 s/d 31 oktober 2018.

Berbagai prestasi yang mampu diukir Kabupaten klungkung belakangan ini, baik ditingkat nasional hingga internasional telah membuktikan bahwa  Klungkung memiliki potensi SDM yang unggul, meskipun Klungkung merupakan kabupaten terkecil di Bali.

Kepada seluruh siswa, Bupati Suwirta berpesan untuk tidak gugup dan takut dalam menghadapai setiap event. Para guru diperintahkan untuk senantiasa membimbing dan membina anak didiknya sehingga tidak gugup dalam menghadapi lomba nanti. “Selamat kepada seluruh adik adik yang akan berangkat mewakili Klungkung, dengan jumlah peserta yang Sebagian besar berasal dari Klungkung dan terpilihnya Klungkung menjadi dalegasi ke ajang Internasional, telah membuktikan bahwa Klungkung memiliki SDM yang unggul, mari buktikan bahwa Klungkung mampu meski kita kabupaten kecil,” ujar Bupati Suwirta dengan semangat.

Kepada Kadisdik Dewa Gde Darmawan juga diperintakan untuk meracang skema pemerian reward kepada para guru yang mampu mencetak siswa berprestasi. Ditambahkan pula, dalam wadah kegiatan Pentas Bintang, para peraih prestasi akan ditampilkan di hadapan umum sebagai motivasi bagi yang lain untuk ikut berprestasi mengharumkan nama Kabupaten Klungkung.[Jim/r5]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved