Wagub Bali Ajak Masyarakat Tampaksiring Tumbuhkan Rasa Teleransi - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Rabu, 17 Oktober 2018

Wagub Bali Ajak Masyarakat Tampaksiring Tumbuhkan Rasa Teleransi

GIANYAR,Balikini.Net -Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengapresiasi pelaksanaan Dewa Yadnya yang mencakup Rsi Gana, Tawur Agung lan Mendem Pedagingan di Pura Pucak Manik Saci Ukir, Desa Pekraman Tampaksiring, yang dilakukan secara bergotong royong serta kebersamaan warga dengan berbekal niat dan usaha. 

Bertepatan dengan Hari Raya Pagerwesi,  diharapkan pelaksanaan Dewa Yadnya ini membawa kita semua khususnya warga Tampaksiring menjadi Individu yang penuh rasa peduli antar sesama. Hal ini disampaikan Wagub Cok Ace saat memberikan sembrama wacana di Pura Pucak Manik Saci Ukir, Tampaksiring, Gianyar, Rabu (17/10).

Pada kesempatan ini, Wagub Cok Ace yang di dampingi Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Bali Anak Agung Gede Geriya juga melakukan mendem pedagingan di pelinggih Padma pura setempat sekaligus ngadegang upakara panyejeg.

Sementara itu,  I Nyoman Wardhana, Kelian Adat Banjar Bukit, Tampaksiring,  yang sekaligus selaku panitia karya mengatakan, bahwa karya Dewa Yadnya ini dilaksanakan setelah sebelumnya ada pemugaran sejumlah pelinggih, sehingga untuk kembali menstanakan Ida Hyang Widhi maka dilaksanakan upacara Rsi Gana, Tawur Agung lan Mendem Pedagingan,  agar terjadi keseimbangan antara skala dan niskala.

Untuk mensucikan sekaligus sebagai saksi atas keberlangsungan upacara ini,  Wagub Cok Ace melaksanakan persembahyangan bersama prajuru dan masyarakat setempat. [rls/r5]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net