-->

Senin, 05 November 2018

KPU Tabanan menggelar kegiatan “Goes to School”

 KPU Tabanan menggelar kegiatan “Goes to School”

Tabanan,Balikini.Net  – Guna mensosialisikan pemilu 2019 mendatang KPU Tabanan menggelar kegiatan “Goes to School” dengan menyasar sekolah-sekolah di Kabupaten Tabanan. Salah satunya yang disasar yakni SMK Pariwisata Tri Atma Jaya yang berlokasi di Bay Pass Kediri Pesiapan Tabanan, Senin, (05/11/2018).

Ketua Divisi Sosialisasi, Ni Putu Suaryani mengatakan dalam sosialisasi pemilu 17 April 2019 mendatang ada berbagai yang menjadi sasarannya yakni pemilih pemula, lansia, disabilitas dan sosialisasi berbasis keluarga. “Untuk kali ini kita sasar pemilih pemula di SMK Tri Atma Jaya guna menumbuhkan kesadaran mereka agar menggunakan hak pilihnya jika mereka sudah memenuhi syarat untuk memilih,” ucap Ani sapaan akram Ni Putu Suaryani. SMK Tri Atmajaya menjadi salah satu sasaran lantaran sekolah ini memiliki siswa yang cukup banyak dan dipastikan diantara mereka adalah pemilih pemula. Dalam kegiatan yang melibatkan semua komisioner KPU Tabanan itu, juga dilakukan lomba yel yel tentang kepemiluan. Selain SMK Tri Atma Jaya menurut Ani, pihaknya juga akan sosialisasi ke SMA N 1 Tabanan, SMA N 2 Tabanan dan lain sebagainya. Pihaknya berharap dengan sosialisasi ke SMK dan SMA ini dapat mendorong partisipasi pemilih utamanya pemilih – pemilih pemula yang jumlahnya cukup besar di Kabupaten Tabanan.

Hal serupa diungkapkan Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa dalam sambutannya, kata dia siswa-siswa SMK Tri Amta Jaya adalah pemilih pemula potensial yang jumlahnya ratusan. Dalam kesempatan itu Weda mensosialisasikan bahwa pimilu 2019 mendatang para pemilih akan mendapatkan 5 kertas suara untuk dicoblos yakni surat suara untuk Pilres, DPR RI, DPD, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten.  “ Jadi ingat pemilu mendatang kita mendapatkan 5 kertas suara, dan silahkan coblos sesuai hati nurani masing-masing jangan mau diarahkan atau dipaksa karena pemilu bersipat Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil,” terangnya.

Sementara kepala sekolah SMK Tri Atma Jaya, I Gede Putu Adi Putra Negara mengungkapkan saat ini disekolahnya tercatat ada 863 siswa yang terdiri dari kelas 10, 11, dan kelas 12. “Kami sangat berterima kasih sekali kepada KPU untuk mensosialisasikan Pemilu 2019, ini sangat membantu kami agar siswa-siswi kami ikut berpartisipasi dalam pemilu 2019 mendatang,” ucapnya. Sosialisasi ini kata dia juga diyakini mampu memberikan edukasi yang benar dan positif kepada anak didiknya sehingga nantinya tidak golput. Bahkan dia mengatakan di SMK Tri Atma Jaya pihaknya sudah menerapkan pola pemilu dalam setiap pemilihan ketua osis.  “Kita disini sudah 5 kali melakukan pemilihan ketua osis secara langsung, dari 5 kali ini 3kali kita sudah bekerjasama dengan KPU mulai dari peminjaman bilik suara, kotak suara dan lainnya,” beber Gede Putu Adi Putra.

Hal serupa diungkapkan mantan Ketua Osis SMK Tri Atma Jaya, Ni Putu Kesya Krista Bela Pangky Swara, kata dia “goes to school” yang dicanangkan KPU sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi siswa-siswi di Tabanan khususnya SMK Tri Atma Jaya. “Dengan sosialisasi ini, kami jadi mengetahui system dan tata cara pemilu sehingga dapat kami terapkan ditengah masyarakat,” ucapnya. Dia berharap pemilu 2019 mendatang dapat berjalan dengan aman dan lancar serta disabut oleh masyarakat dengan bergembira. “Harapan kami sebagai generasi muda pemilu 2019 mendatang berjalan dengan aman dan lancar serta kita semua menyambutnya dengan hati bergembira,” ujar dara manis asal Pandak, Kediri, Tabanan ini.[rls/r5]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved