Lestarikan Tradisi Mekepung Jembrana - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Selasa, 13 November 2018

Lestarikan Tradisi Mekepung Jembrana

Jembrana,Balikini.Net- Mekepung yang merupakan agenda rutin sekaa Mekepung dalam setiap tahunnya, Minggu(11/11) atraksi khas masyarakat Kabupaten Jembrana diselenggarakan di sirkuit desa Delod Berawah Kecamatan Mendoyo. Ratusan pasang kerbau yang terdiri dari Group Ijogading Barat dan Group Ijogading Timur dihadapan ribuan penonton yang berjejal disepanjang sirkuit berpasir itu, ternyata Group Ijogading Timur unggul tipis dari ketangguhan pasangan-pasangan kerbau dari group Ijogading Barat, dengan selisih angka : 30 untuk ijogading timur serta 26 untuk ijogading barat.

Ketua panitia pelaksana Mekepung Jembrana Cup, I Made Mara mengaku, lomba Mekepung yang dilaksanakan ini diikuti ratusan peserta, “untuk lomba Mekepung Jembrana Cup tahun 2018 ini diikuti sebanyak

 274 pasang kerbau yakni, 119 pasang kerbau dari kelompok Ijogading Timur dan 156 pasang kerbau dari kelompok Ijogading Barat, ujarnya.

Mara juga menyebutkan, lomba Mekepung Jembrana Cup tahun 2018 merupakan agenda terakhir dalam memperebutkan kejuaraan, “ini merupakan agenda terakhir bagi sekaa Mekepung.”Agenda tahunan ini merupakan arena untuk mengakhiri rangkaian pelaksanaan lomba Mekepung di tahun 2018. Namun demikian, untuk lomba Mekepung tahun 2019 kita harapkan kabupaten Jembrana bisa menggelar Lomba Mekepung yakni, Mekepung Gubernur Cup Tahun 2019, “harapnya.

Usai menyerahkan piala bergilir lomba Mekepung Jembrana Cup dan hadiah kepada para sekaa Mekepung, Bupati I Putu Artha mengatakan, Mekepung Jembrana Cup tahun 2018 merupakan agenda yang terakhir untuk para sekaa Mekepung di tahun 2018. “Ini Mekepung yang terakhir tahun 2018. Kedepan(2019) kita juga doakan sekaa Mekepung di Kabupaten Jembrana bisa menggelar lomba Mekepung”Gubernur Cup”, “ujarnya.

Bupati Artha juga mengapresiasi kepada para sekaa Mekepung. Pasalnya, pasangan kerbau dalam setiap tahunnya terus meningkat. “Saya sangat apresiasi kepada sekaa Mekepung dimana pasangan kerbau setiap tahun terus mengalami peningkatan. Ini suatu bukti kalau event  Mekepung ini merupkan budaya khas yang patut terus lestarikan, “tegasnya.

Sementara untuk perolehan score dalam perlombaan mekepung jembrana cup tahun 2018 yakni ijogading timur unggul dengan skore 30 berbanding 26 dengan perolehan ijogading barat, sekaligus berhak atas piala bergilir dari Pemerintah Kabupaten Jembrana, yang diserahkan langsung oleh Bupati Jembrana I Putu Artha. (eka/r4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net