PEMKAB GELAR PAMERAN KERAJINAN KHAS JEMBRANA DI TMII - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Jumat, 02 November 2018

PEMKAB GELAR PAMERAN KERAJINAN KHAS JEMBRANA DI TMII

Jembrana,Balikini.Net - Sebanyak 15 pengerajin Jembrana berpartisipasi dalam pameran produk kerajinan yang digelar Pemerintah Kabupaten Jembrana bekerjasama dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), bertempat di anjungan Bali TMII jakarta, 2/11. Kegiatan tersebut serangkaian pelaksanaan Pesona Budaya Bali – Kabupaten Jembrana 2018, yang menampilkan seni serta budaya khas Jembrana.  Pameran kerajinan yang digelar 2-3 Nopember 2018 ini,  menyuguhkan produk-produk khas daerah Kabupaten jembrana yang diproduksi UMKM dari seluruh desa dan kelurahan. Diantaranya Kain Tenun , Anyaman Bambu, Kerajinan Batok Kelapa, Jam Kayu, Kerajinan Logam , Rajutan dan Ingka. Tak hanya itu, ikut ditampilkan produk olahan pengerajin jembrana  berupa madu hutan manistutu, kopi lubak ,cokelat ,  VCO, Desa Gumbrih, yang bahan bakunya berasal dari alam Jembrana.

Pembukaan pameran ditandai pengguntingan untaian bunga oleh Ny Ani Kembang Hartawan . Turut hadir saat acara pembukaan Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, Sekda Jembrana I Made Sudiada, Asisten III bidang administrasi umum I Nengah Ledang , Kadis Koperindag Made Gede Budhiarta .Dari perwakilan TMII tampak hadir Manajer Informasi Budaya dan Wisata , Dwi Indarto.

Wabup Jembrana I Made Kembang Hartawan mengatakan , acara pameran ini ada kesempatan promosi yang luar biasa baik untuk pasar Jakarta maupun pasar luar negeri, karena akan hadir juga para dita besar dari negara sahabat. “ Kami berharap pameran ini akan memberi dampat pada peningkatan penjualan pada komuditi kerajinan dan imdustri yang sudah bisa tembus pasar ekspor, seperti : tenun, kerajinan logam, rajut, batok kelapa, olahan coklat ,”ujar Kembang. Ia juga menambahkan momentum seperti ini juga bisa untuk lebih mengenalkan Jembrana, dengan seragam potensinya, khususnya pariwisata yang saat ini sedang ditata dan dipromosikan.

Sementara Dwi Indarto selaku perwakilan TMII mengatakan Taman Mini merupakan salah satu tempat promosi terbesar , yang tidak hanya menghadirkan warga Jakarta tapi juga perwakilan negara negara sahabat. Karena itu Ia sangat mengapresiasi pelaksnaan pameran kerajinan yang akan dilanjutkan dengan pagelaran seni budaya di TMII. Dwi Indarto juga sangat mendukung  upaya-upaya Pemkab jembrana dalam mengembangkan pariwisata beserta pendukungnya seperti kerajinan dan kesenian, mengingat komoditi tersebut kedepan diprediksi akan mendominasi sektor pemasukan, sebagai industri yang terus berkembang dan tidak pernah mati. (abhi/r4)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net