Persiapkan Jadi Tuan Rumah Perayaan Hari Kelapa Dunia - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Jumat, 09 November 2018

Persiapkan Jadi Tuan Rumah Perayaan Hari Kelapa Dunia


Bupati Mas Sumatri Ajak Pegawai Senam dan Tanam Kelapa Ganjah

Karangasem,Balikini.Net  - Pemerintah Kabupaten Karangasem,  Bali, dipercaya menjadi tuan rumah Festival Kelapa Indonesia dan perayaan Hari Kelapa Dunia tahun 2019.  Perayaan hari kelapa dunia ke-50 nantinya akan dihadiri 18 negara anggota Asian and Pasific Coconut Community (APCC). 

Mempersiapkan diri menjadi tuan rumah, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri bersama Sekda Kab. Karangasem I Gede Adnya Mulyadi, para Kepala OPD dan seluruh pegawai PNS serta Non PNS Pemda Karangasem melaksanakan senam bersama di Stadion Amlapura, Jumat (9/10/2018). 

Dalam arahan Bupati Mas Sumatri sebelum senam dilaksanakan, Ia mengharapkan dengan dilaksanakan kegiatan ini setiap jumat mampu meningkatkan kualitas kebugaran dan kesehatan pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karangasem. Mengingat di Tahun 2019 Kabupaten Karangasem akan menghadapi banyak even Nasional hingga Internasionl sebagai tuan rumahnya, yang pasti akan menguras banyak pemikiran dan tenaga para abdi negara di Bumi Lahar. 

"Stamina yang baik dan perasaan senang harus berjalan beriringan agar setiap even yang ditanggungjawabkan kepada Kabupaten Karangasem dapat dilaksanakan dengan maksimal," imbuhnya. 

Usai senam Bupati Mas Sumatri didampingi, Asisten III, I Wayan Purna, Kadis Pertanian I Wayan Supandhi , juga mengajak para pegawai untuk menanam bibit kelapa ganjah. Secara simbolis, penanaman bibit kelapa dilakukan di sempadan sungai SMKN 1 Amlapura. Selain itu, Mas Sumatri juga telah meminta dinas terkait menyurati setiap Kepala Desa agar di setiap desa pakraman wajib menanam kelapa ganjah yang secara umum digunakan oleh masyarakat Bali sebagai kelapa daksina.


"Tanam kelapa disempadan-sempadan sungai atau pinggiran sungai atau jalur menuji Pura, tentu selain terlihat asri makan disaat musim hujan seperti sekarang, jalanan tidak akan banyak tergerus air hujan, " ujarnya  

Ia berharap, kepada masyarakat Kabupaten Karangasem khususnya dapat mendukung kegiatan ini agar pelaksanaannya bisa berjalan dengan lancar. Mengingat keterbatasan-keterbasan yang dimiliki Karangasem saat ini perlu adanya dukungan dari semua kalangan.

Kadis Pertanian Supandhi mengatakan, tahun depan Kabupaten Karangasem terpilih menjadi tuan rumah Festifal Kelapa Dunia oleh Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK). Keputusan Karangasem akan menjadi tuan rumah dari perayaan hari kelapa dunia tahun 2019, sesuai keputusan dari pertemuan di Jakarta dalam pra Rakornas waktu lalu.

Nantinya tidak saja 18 negara anggota APCC yang akan datang, Pemkab Karangasem juga akan kedatangan 248 Bupati anggota Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK) dan ratusan pengusaha kelapa nasional dan internasional. 


Supandhi menyebutkan, Kabupaten Karangasem merupakan daerah terbanyak di Bali sebagai penghasil kelapa. Kabupaten Karangasem merupakan daerah ke empat di Indonesia yang terpilih sebagai tuan rumah even Internasional ini. Sebelumnya,pelaksanaan festival pertama dilaksanakan di Kabupaten Indragiri Hilir,Riau.Tahun berikutnyadi Kabupaten Gorontalu lalu tahun ini di Kabupaten Lingga Kepulauan Riau. Sedangkan di tahun 2019 di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net