SIMANTRI 724, Wadah Pembentukan Kreatifitas Petani Dalam Berorganisasi - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Senin, 12 November 2018

SIMANTRI 724, Wadah Pembentukan Kreatifitas Petani Dalam Berorganisasi

Tabanan, Balikini,Net -Pengembangan SIMANTRI di Desa Baturiti-Kerambitan Kabupaten Tabanan merupakan suatu upaya dalam meningkatkan daya kreatifitas di dalam bertani. Dimana pembentukan Simantri ini merupakan suatu gagasan yang memang sudah di rencanakan oleh para petani di desa tersebut yang bertujuan untuk membentuk suatu wadah sharing dan berbagi ilmu pertanian antar petani di desa tersebut. 

Simantri ini dikelola bersama-sama oleh kelompok tani yang dimana beranggotakan 20 orang dan diketuai oleh Wayan Syahroni. Simantri ini dibangun di atas tanah seluas 15 are yang dimana pendanaannya di dapatkan penuh dari pemerintah Provinsi Bali.

Saat ditemui Jumat (2/11), Wayan Syahroni mengungkapkan bahwa dana yang di berikan oleh Provinsi Bali kepada kelompok Simatri sebesar 225 juta dana tersebut di cairkan dalam tiga tahap. Tahap pertama yaitu dana untuk pembangunan, tahap kedua dana untuk pembelian bibit sapi 20 ekor, serta yang terakhir dana pembelian alat penunjang kinerja seperti alat pengering dan penyampur limbah kotoran sapi dengan bahan organic pembuat pupuk. Wayan Syahroni juga mengungkapkan bahwa dana yang sudah di terima saat ini belum cukup untuk pengembangan simantri yang sudah ada '' saat ini memang masih kurang dana untuk pengembangan simantri ini  terutama dalam pengadaan alat-alat dalam pengolahan pupuk untuk itu bersar harapan kelompok kami bisa di berikan dana tambahan '' ujarnya .

Syahroni menambahkan apalagi dalam pengelolaan simantri banyak kendala yang di hadapi seperti kurangnya alat untuk menunjang produktifitas hasil Simantri.
Sementara hasil produk simantri yang di produksi ditempat itu berupa pupuk organic yang dimana  baru dapat menghasilkan 2 ton pupuk sejak berdiri 2,5 bulan hasil produksi itu belum mampu memenuhi kebutuhan pupuk semua anggota Simantri. 

Harapan dari Wayan Syahroni kedepannya pemerintah untuk terus mengembangkan simantri karena  sangat membantu para petani dalam melakukan pembudidayaan serta menambah wawasan bagi petani di dalam dunia pertanian. Target kedepannya Simantri 724 ini ingin memproduksi pupuk lebih banyak dan bisa memproduksi hasil tanaman hidroponik serta biogas untuk menunjang kebutuhan dan kesejahteraan  para anggotanya, serta mampu menjual hasil produk mereka keluar dengan lebel Simantri 724 kelompok tani Bhakti Pertiwi.

Tidak itu saja kini simantri 724 juga membuat bangga kelompok meski hanya baru berumur jagung sudah mulai di lirik termasuk sejumlah mahasiswa pertania Unud menjadi kan tempat ini untuk melakukan kajian dan penelitian termasuk belajar lapangan .[angga/r5]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net