Tabanan Kembangkan SDM Berkualitas - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Senin, 05 November 2018

Tabanan Kembangkan SDM Berkualitas

Tabanan ,Balikini.Net - Pemerintah Kabupaten Tabanan melalui Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan dan  P2MKP Karya Lestari Tabanan menggelar kegiatan Magang Teknis dan Uji Kompetensi Aparatur  Perikanan, Senin (5/11) di Kantor Dekopind Tabanan. Hadir dalam acara tersebut Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, Ketua P2MKP Karya Lestari Tabanan Ni Made Putriningsih Wirna dan Kepala Dinas Perikanan I Made Subagia.

Ni Made Putriningsih Wirna dalam laporannya mengungkapkan, tujuan pelaksanaan kegiatan Magang Teknis  dan Uji Kompetensi ini adalah dalam rangka mengantisipasi pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asian (MEA). Sehingga diperlukan upaya untuk memperkuat daya saing tenaga kerja di Indonesia di pasar global dengan menempatkan penguasaan kompetensi sebagai fokus pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan.

“Sehubungan dengan hal tersebut Pemda Tabanan melalui Dinas Perikanan dan P2MKP Karya Lestari Tabanan siap mendukung pelaksanaan sistem sertifikasi di bidang kelautan dan perikanan.” jelasnya. 

Dijelaskan, dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah perjanjian kerjasama (MoU) nomor 01/P2MKP-KL/VII/2018 dan Nomor 523/1764/Diskan 2018. Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 ASN yang berasal dari Dinas Perikanan Tabanan dan 2 orang swadaya dan akan berlangsung hingga 10 November mendatang. 

“Waktu pelaksanaan magang teknis perikanan dan uji kompetensi dimulai hari ini hingga 10 November nanti. Untuk tempat pelaksanaan dibuka hari ini di Kantor Dekopin Tabanan  dan di Bangsal Pengolahan P2MKP Karya Lestari Tabanan.” jelasnya. 

Bupati Eka dalam sambutannya memberikan apresiasinya atas pelaksanaan kegiatan ini. Dikatakannya Tabanan membutuhkan SDM yang layak untuk diperjuangkan dan dipertanggungjawabkan dan siap bersaing ke depannya. Dengan kegiatan ini akan dapat mengembangkan calon-calon sertifikasi layak dan mampu menjadi center asesmen yang akan menjadi leading di Bali. 

“Saya menyambut baik kegiatan ini. Sekarang sudah bukan zaman normatif lagi, sekarang zaman digital dan cepat. Meskipun digital kita tidak boleh instan. harus benar-benar dipahami apa yang diberikan sebagai modal kita ke depan. Dan saya berkeyakinan kita bisa mengembangkan calon-calon sertifikasi yang layak dan akan mampu membuat bangga Tabanan.” jelasnya.

Dirinya mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Tabanan akan senantiasa memberikan dukungan.  Indonesia, Tabanan khususnya, tidak boleh kalah dalam bersaing  dengan Negara lain.Hal ini merupakan Tantangan ke depan untuk menjadikan SDM kita menjadi cerdas untuk bersama-sama membangun Tabanan . 

“Kita tidak boleh saing dengan negara-negara lain. Maka dari itu kita harus terus belajar, karena belajar tidak mengenal waktu dan umur. Kalau kita diam, kita akan ketinggalan segalanya. Apa yang kita dapatkan hari ini adalah bonus kehidupan. Mari Bangun Tabanan yang kita cintai.” imbuhnya. 

Sementara itu, Direktur LSP-KP Hery Maryuto memberikan pujian kepada Tabanan karena komitmen Tabanan yang sangat tinggi dalam pengembangan SDM. Pihaknya berharap dalam kegiatan yang akan berlangsung hingga  10 November mendatang itu p[ara peserta dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh. 

“Saya memberikan apresiasi Tabanan atas tingginya komitmen dalam pengembangan SDM. Bahkan kegiatan ini secara langsung juga dihadiri oleh Ibu Bupati. Mari kita bersama-sama bekali diri kita dengan materi pembekalan dan pengetahuan sehingga semua tujuan dapat tercapai.” ungkapnya.

Kegiatan Magang Teknis Perikanan dan Uji Kompetensi menghadirkan narasumber diantaranya Direktur LSP-KP Herry Maryuto dan Training Manager Institute for Professional Utami Widiasih. Adapun kurikulum yang dibahas yakni perencanaan dan pengorganisasian asesmen, melaksanakan asesmen dan pengembangan asesmen. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan sesi Tanya jawab [tbn/r5]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net