TINGKATKAN KOMPETENSI DAN PERAN POTENSI SAR MELALUI PELATIHAN JUNGLE RESCUE - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Jumat, 09 November 2018

TINGKATKAN KOMPETENSI DAN PERAN POTENSI SAR MELALUI PELATIHAN JUNGLE RESCUE

Karangasem,Balikini.Net - Basarnas melalui Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar gelar pelatihan potensi SAR di Kabupaten Karangasem, Kamis (8/11/2018). Pelatihan kali ini diikuti oleh 60 peserta dari relawan persatuan Jagabaya Gunung Agung (Pasabaya) serta Babinsa dan Babinkamtibnas. Seluruh peserta dilatih tentang teknik pertolongan di Gunung / Hutan (Jungle Rescue). 
Pembukaan dilaksanakan di Aula Kantor Camat Desa Selat pada pukul 09.20 Wita. Bupati Karangasam yang diwakilkan oleh staff ahli bidang ESDM, dr. Priagung Duarsa membuka secara resmi Pelatihan Potensi SAR tersebut. Turut hadir para pejabat dari beberapa instansi terkait yakni perwakilan dari kodim 1623 Karangasem, Polres Karangasem, Kalak BPBD Karangasem, Damkar Karangasem, Camat di wilayah karangasem, dan kepala Desa sekitar Selat serta Rendang. Dalam sambutannya, diungkapkan bahwa pada prinsipnya Bupati Karangasem sangat mendukung dan mengapresiasi apa yang telah diupayakan Basarnas dalam meningkatkan kemampuan potensi SAR dalam penguasaan teknik pertolongan di gunung ataupun hutan. 
Keberadaan Gunung Agung yang memiliki ketinggian 3.142 MDPL di Kabupaten Karangasem memiliki potensi terjadinya bencana. Selain kondisi Gunung Api Agung yang masih aktif, gunung tertinggi di Bali tersebut juga menyimpan potensi bahaya karena terdapat hutan tropis yang rimbun. Tak jarang ada warga lokal maupun tamu asing yang tersesat, kelelahan, terperosok hingga membutuhkan bantuan SAR, maka sangat relefan jika pelatihan ini diadakan di Kabupaten Karangasem. 
Pelatihan yang berlangsung selama 2 hari tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan peran potensi SAR dalam penaganan ancaman bahaya yang bisa saja terjadi di Gunung Agung. Para peserta tampak antusias dalam mengikuti materi-materi yang disampaikan oleh instruktur, diantaranya Managemen SAR, Navigasi Darat, Membaca peta, MFR, dan vertikal rescue. Di hari kedua, Jumat (9/11/2018) akan dilakukan simulasi jungle rescue di seputaran Pura Pasar Agung, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem.
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Ketut Gede Ardana, S.E. mengutarakan tentang urgensi diadakannya pelatihan ini. Ia berharap agar seluruh potensi SAR yang ikut dalam pelatihan ini berperan aktif serta serius untuk mempelajari materi SAR yang diberikan oleh para instruktur. “Dengan keseriusan dan kesungguhan dalam memahami materi-materi dan mengikuti simulasi di lapangan, nanti kedepannya jika dibutuhkan bantuan SAR akan memudahkan dalam pengerahan potensi SAR terdekat yang mempunyai kapasitas sebagai rescuer,” uangkap Ardana saat ditemui di lokasi pelatihan. Ardana juga menyampaikan niatnya untuk dapat meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait dan potensi SAR, diantaranya melalui beragam kegiatan, termasuk diadakannya pelatihan SAR. “Pada pelaksanaan operasi SAR koordinasi itu penting agar nanti di lapangan kita menjadi satu misi yaitu misi kemanusian bukan untuk kepentingan lain ataupun adanya ego sektoral" tutupnya. (ay,ck/ r4)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net