Wagub Cok Ace Hadiri Upacara Pitra Yadnya di Banjar Beringkit dan Banjar Umadiwang Belayu Tabanan - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Kamis, 15 November 2018

Wagub Cok Ace Hadiri Upacara Pitra Yadnya di Banjar Beringkit dan Banjar Umadiwang Belayu Tabanan

Tabanan.Balikini.Net - Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) didampingi Wakil Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya berkesempatan menghadiri Upacara Pitra Yadnya lan ManusaYadnya di Banjar Adat Beringkit Desa Beringkit, Belayu, Marga, Tabanan, Kamis (15/11).

Wagub yang akrab disapa Cok Ace pada kesempatan itu menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan upacara pitra yadnya berupa Ngaben Sarad (massal) beserta rangkaiannya, yang merupakan satu upaya selaku umat Hindu Bali dalam membayar hutang kepada para leluhur (Pitra Rna), sebagai salah satu bagian dari 3 hutang yang dipercaya dibawa semenjak manusia lahir atau dikenal dengan Tri Rna. “Kita baru akan merasa lega apabila leluhur kita sudah diupacarai, jika belum diaben pasti masih berasa ada yang kurang. Rangkaian akhir upacara ngaben kan ngelinggihang sang karyanin di merajan rong telu masing-masing, kalau sudah melinggih disana kan jadi Bhatara Hyang, itu satmaka ngelinggihang dalam diri kita, jadi terasa dekat dalam hati,” jelasnyanya seraya mengharapkan seluruh krama menyelenggarakan upacara tersebut dengan pikiran tulus ikhlas.

Senada dengan Wagub Cok Ace, Wabup Komang Gede Sanjaya juga mengapresiasi penyelenggaraan upacara tersebut yang dilandaskan perasaan tulus ikhlas. Lebih jauh, Ia pun menyampaikan kehadiran pemerintah menjadi bagian setiap upacara keagamaan yang digelar masyarakat guna meringankan biaya yang ditanggung oleh masyarakat. “Kami tahu biaya untuk upacara adat dan keagamaan di Bali sangat besar, oleh karena itu pemerintah akan selalu mendukung pembiayaannya, sehingga masyarakat bisa diringankan,” ujarnya.

Sementara itu Kelian Banjar Adat Beringkit Made Ardiana menjelaskan upacara Ngaben yang sudah digelar kemarin (14/11) tersebut diantaranya mengikutkan 101 Sawa, 3 Sawa Nglungah, dan Nyekah 81. Tak hanya rangkaian upacara Ngaben, masyarakat juga melangsungkan upacara manusa yadnya secara massal diantaranya metatah diikuti sekitar 103 orang dan metelubulanan sebanyak 90 orang. Upacara yang diperkirakan menelan biaya sekitar 500 juta tersebut sepenuhnya berasal dari urunan krama dan punia dari berbagai kalangan.

Sebelumnya Wagub Cok Ace juga berkesempatan menghadiri upacara Pitra Yadnya lan Manusa Yadnya di Banjar Pekramaan Umadiwang, Belayu, Marga, Tabanan. [pr/r5]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net