Wagub Cok Ace Singgung Menurunnya Minat Generasi Muda Ikut Gerakan Pramuka. - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Rabu, 21 November 2018

Wagub Cok Ace Singgung Menurunnya Minat Generasi Muda Ikut Gerakan Pramuka.

Gianyar ,Balikini.Net- Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) yang juga selaku Anggota Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Bali, hadiri Pelantikan Pimpinan Saka Bakti Husada dan Pengurus Gugus Dharma Tridatu Kwartir Cabang Gianyar Masa Bhakti 2018-2023 di Museum Subak, Masceti, Gianyar, Rabu (21/11).

Dalam sambutannya, Wagub Cok Ace mengapresiasi kegiatan kepramukaan Kwartir Cabang Gianyar yang telah menunjukkan aktivitas yang tinggi, mengingat telah dipercayakannya gerakan pramuka oleh pemerintah sebagai lembaga non formal yang mewadahi pembentukan dan pembinaan karakter generasi muda yang berkpribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur serta berjiwa pancasilais. Kedepan, hal ini menjadi tantangan bagi gerakan pramuka mengingat menurunnya minat generasi muda untuk  mengikuti kegiatan kepramukaan sebagai akibat perkembangan teknologi IT. "Saat ini tak hanya tantangan yang terlihat, tapi ada juga tantangan yang tidak terlihat yang bisa menggangu kemajuan daerah dan para generasi muda, ini patut diwaspadai," ujar Cok Ace.

Terkait kegiatan pelantikan yang dilaksanakan, Cok Ace mengharapkan pengurus yang terpilih bisa mendukung gerakan pramuka khususnya di Kwartir cabang Gianyar dalam bentuk pemikiran dan fasilitasi sesuai keahlian dan kemampuan masing-masing. "Tak hanya gerakan kepramukaan, saya harap pengurus terpilih juga bisa mendukung program-program pemerintah dalam memajukan masyarakat Bali, atau pun bisa langsung menyasar kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan, terutama terkait pendidikan dan pembinaan generasi muda," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Dharma Tridatu Terpilih I Made Arya Amitaba menyatakan pembentukan gugus yang anggotanya berumur diatas 25 th tersebut bisa memberikan wadah bagi masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi memberikan sumbangan pemikiran guna kemajuan gerakan pramuka. "Kedepan bagaimana potensi-potensi yang dimiliki para anggota gugus bisa berguna demi kemajuan gerakan pramuka. Disamping juga pendidikan kepramukaan bisa menjadi dasar kepemimpinan, akan kami kolaborasikan, sehingga nanti tercipta wirausahawan-wirausahawan yang tangguh," cetusnya seraya nenyampaikan pengusaha-pengusaha yang menjadi anggota gugus bisa mengetoktularkan kemampuan bisnisnya kepada adik-adik pramuka yang lain. Ditambahkan Ketua Harian Kwartir Cabang Gianyar I Gusti Ngurah Wijana, bahwa pembentukan Gugus  pada gerakan Pramuka  merupakan pertama kalinya di Bali. Untuk itu, Ia pun berharap gugus ini bisa menjadi contoh gerakan pramuka di kabupaten/kota lainnya di Bali.

Acara yang turut dihadiri Wakil Bupati Gianyar AA. Mayun turut dirangkaikan dengan acara penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gianyar dengan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gianyar.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net