-->

Sabtu, 22 Desember 2018

Bupati Suwirta Resmikan Lima Pasar Desa

Bupati Suwirta Resmikan Lima Pasar Desa

Klungkung,Balikini.Net - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meresmikan lima Pasar Desa yakni, Pasar Tusan, Pasar Nyalian, Pasar Kamasan, Pasar Gunaksa dan Pasar Batukandik. Peresmian Pasar Desa ini dipusatkan di Pasar Tusan yang ditandai dengan pengguntingan pita, Jumat (21/12)

Desa Tusan dan empat Desa lainya sekarang sudah memiliki pasar desa yang baru dan representatif. Semua pembangunan pasar desa adalah wujud komitmen pemerintah kabupaten Klungkung untuk mendukung ekonomi kerakyatan.

Bupati Suwirta mengaku puas untuk pembangunan pasar ini, ditambah dengan pemandangan disekitarnya, dibangun dengan konsep pasar modern yang tidak menghilangkan makna tradisonalnya. Bupati Suwirta berharap pasar desa tradisional ini bisa diminati konsumen.

Tidak hanya mejadi pasar, dengan hadirnya pasar ini nantinya diharapkan akan lebih menghidupkan roda ekonomi dan UMKM yang ada di desa serta mendukung desa wisata yang sedang berkembang. “ Mohon selalu menjaga kebersihan, ciptakan kenyamanan dan penataan meja dagangan dengan rapi sehingga akan menarik minat konsumen untuk berbelanja di pasar ini,” uajar Bupati Suwirta.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Klungkung I Wayan Ardiasa mengatakan, revitalisasi pasar menjadi program rutin pemkab setiap tahun. Ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan memberikan rasa nyaman, baik terhadap pedagang maupun pembeli.

Program untuk merevitalisasikan pasar tahun 2018 ini yang menyasar lima pasar desa yakni Desa Tusan, Desa Nyalian Kecamatan Banjarangkan, Desa Kamasan Kecamatan Klungkung, Desa Gunaksa Kecamatan Dawan,  serta Desa Batukandik Kecamatan Nusa Penida. “kelima pasar desa yang direvitalisasi semua sudah selesai, sekarang diresmikan dan bisa langsung dinikmati oleh masyarakat” ujar Ardiasa

Pembangunan Pasar Desa yang menggunakan dana APBN dan APBD yang mana Pasar Tusan dibangun dua lantai menampung 44 pedagang, yang mana di lantai bawah dijadikan tempat parkir. Pasar Tusan terletak tepat di perempatan desa Tusan ini menghabiskan dana sebesar Rp  957.000.118. Dengan waktu pelaksanaan selama 120 hari kalender oleh kontraktor pelaksana CV. Tangkas Karya Sejati.

Acara peresmian  ini turut disaksikan  Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Klungkung I Wayan Ardiasa, FKPC Banjarangkan, Para Perbekel dari lima Desa dan prajuru Desa Tusan. (yande/r5)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved