ISODEL 2018 Making Education 4.0 For Indonesia - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Selasa, 04 Desember 2018

ISODEL 2018 Making Education 4.0 For Indonesia

Kuta ,Balikini.Net - Kementerian pendidikan dan kebudayaan melalui pusat teknologi informasi dan komunikasi  menggelar international symposium on open distance and e-learning (isodel) tahun 2018 senin 3 /12 /18 di Kuta Bali .

Ajang Simposium Internasional di gelar mulai tanggal 3 – 5 Desember 2018 itu di harapkan bisa menjadikan referensi indonesia  guna memperkokoh pendidikan bangsa kedepanya , pelaksanaan diamna ISODEL tahun ini   berbeda dari sebelumnya  dengan menggabungkan tiga format yaitu simposium   ajang para pakar dan praktisi  pendidikan dan kebudayaan berbagi ilmu Ide dan gagasan  , Workshop  dan  Pameran .

ISODEL 2018 kalai ini juga jauh lebih maju menampilkan berbagai topik dan subtopik , diantaranya  teknologi pendidikan dalam revolusi industri 4.0 , big data , internet of things , kecerdasan buatan , teknologi keuangan, virtual dan augmented reality , games , ruang kelas dan kampus virtual .
dengan kemajuan teknologi digitel ini di harapkan membangun karakter / melek digital / keterampilan abad 21 / berpikir kritis dan pemecahan masalah / kolaborasi / komunikasi / kreativitas dan inovasi / serta  kecakapan hidup .

Making Education 4.0 For Indonesia 2018 yang di buka staf ahli bidang komonikasi dan informasi kemendikbud  Anonto Kusuma  mengatakan forum ini di harapkan bisa menjadikan referensi indonesia , pratek –pratek baik dari manapun baik , dalam negeri maupun luar negeri serta swasta , guna memperkokoh pendidikan bangsa kedepanya ,hal itu juga sebagai jabawan dari pemerintah atas program pendidikan kedepanya .

,,forum ini akan menjadi refrensi bagi kita dalam pratek-pratek baik dari manpun termasuk pihak swasta bagaimana pembangunan pendidikan kita kedepanya ,,katanya .

Namun hal itu juga diakui Anonto Kusuma dengan teknologi 4.0 memang diakui teknologi ini lebih cepat dari pendidikan itu sendiri  namun saat ini ada persoalan yang di hadapi karena bangsa ini keterbatasan jaringan internet yang belum memadai di indonesia .
,,terutama guru yang kurang memadai serta jaringan yang belum memadai indonesia dengan jumlah 17 ribu pulau baru separo yang terjangkau internet ,, ujarnya .

Forum yang di hadiri oleh 56 pembicara dari dalam dan luar negeri  serta 877 peserta dari seluruh Indonesia di harapkan  isodel tahun 2018 dapat memberikan kesempatan bagi pembuat kebijakan ilmuwan  akademisi  guru  peneliti dan praktisi dari seluruh dunia untuk bertukar pengetahuan ide  dan pengalaman mereka untuk mendukung transformasi pendidikan di Indonesia menuju pendidikan 4.0. [md/r5]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net