Berbagai kalangan Menyambut positif Peraturan Gubernur Tentang Pemasaran - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Senin, 07 Januari 2019

Berbagai kalangan Menyambut positif Peraturan Gubernur Tentang Pemasaran

[Ida Bagus Rai Suryajaya ]
Kami Tetap Berpatokan Pada Harga dan Kualitas Produksi

BANGLI, Balikini, Net- Berbagai kalangan menyambut positif diberlakukannya Peraturan Gubernur tentang pemasaran dan pemanfaatan produksi pertanian, perikanan dan industri local Bali yang diluncurkan Gubernur Bali, Dr I Wayan Koster di Desa Pengotan Bangli, Senin (7/1).

Pergub ini selain melindungi petani Bali, juga menjamin berlangsungnya produksi pertanian Bali yang selama ini diabaikan. Hanya masalahnya bagaimana petani Bali menyikapi Pergub ini dengan meningkatkan kualitas dan kontinyuitas produksinya. Jangan sampai diberlakukan Pergub ini malah membuat hasil produksi pertanian Bali justru merosot. Padahal yang terpenting dalam menjamin keberlangsungan pergub ini adalah adanya jaminan dari petani Bali untuk menjaga kualitas dan kontinyitas produksi pertanian Bali.

Hal itu disampaikan Ida Bagus Suryajaya pelaku pariwisata Bali yang ikut dalam peluncuran Pergub no 99 tahun 2018 itu. Surya Jaya yang juga ketua PHRI Badung itu menilai Pergub no 99/2018 sangat bagus dan nantinya akan mampu mendongkrak perekonomian Bali secara menyeluruh. Malahan nantinya akan berdampak pada kesejahteraan petani Bali. Kalau saya ditanya, kesiapan komponen pariwisata Bali mendukung Pergub ini, Suryajaya menilai siap-siap saja. Memang selama ini pertarungan  produksi pertanian Bali sangat ketat. Gempuran impor hasil pertanian dari luar negeri seperti China dan Thailand dan beberapa Negara lainnya begitu kuat. Dan kita harus mengakui kualitas produk pertanian dari Negara-negara tersebut cukup bagus dan masuk standar perhotelan.
Masalahnya sekarang, kesiapan  petani kita meningkatkan dan menambah kualitas produksinya, di samping tetap mampu menjaga kelanjutan produksinya. 

“Kami di hotel kan memerlukan buah, sayur-sayuran dan sebagainya hampir setiap hari, kebutuhannnya sangat banyak, jelas Suryajaya sembari menambahkan, kami juga akan melihat harga dan kualitas produksi.

Memang hukum pasar akan berlaku di sini, kalau kualtasnya bagus ya…kita ambil, kalau tidak tentu tidak bisa kita ambil, karena masing-masing hotel memiliki standar tersendiri.

Menyinggung soal kebutuhan  produksi pertanian Bali beberapa hotel di Bali, malahan membutuhkan sebanyak-banyaknya. Jika pergub ini diberlakukan secara efektif bisa jadi malahan kekurangan buah kita di Bali.
Hal senada juga dilontarkan bagian pengadaan Hotel Bali Interconentasl, Jimbaran dan dari Tiara Dewata yang hadir dalam peluncuran Pergub yang cukup fenomenal ini.

“Kami dari dulu sudah mempergunakan produk pertanian local Bali untuk di Hotel Balicon, malahan kita punya pelanggan dari kalangan petani,” kata perwakilan Balicon itu. Dengan pergub ini jadi kita mendapatkan jaminan yang jelas tentang kualitas produksi pertanian Bali.

“Kami sangat gembira hadirnya Pergub ini,” kata dari perwakilan Tiara Dewata tyang mengaku memang sudah menjadi langganan tetap bagi sejumlah petani di Bangli dan Bedugul ini.
(r4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net