Rai Mantra Buka Forum Konsultasi Publik RPKD Kota Denpasar - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Selasa, 29 Januari 2019

Rai Mantra Buka Forum Konsultasi Publik RPKD Kota Denpasar

Tekankan Penyerapan Aspirasi Dukung Pembangunan Kota Berkelanjutan

Denpasar,Balikini.Net - Sebagai upaya memberikan wadah aspirasi bagi seluruh elemen masyarakat serangkaian penyusunan Rencana Pembangunan Daerah tahun 2020, Pemkot Denpasar kembali menggelar Forum Konsultasi Publik. Adapun kegiatan yang melibatkan beragam staekholder mulai dari OPD, tokoh masyarakat, akademis, tim ahli hingga perguruan tinggi ini dibuka Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra di RuangSewaka Mahotama, Graha Sewaka Dharma, Lumintang, Denpasar, Selasa (29/1).

Ketua Panitia, Ni Luh Nyoman Rai Suryati menjelaskan pelaksanaan forum komunikasi publik ini merupakan kegiatan guna menghimpun aspirasi dan masukan masyarakat. Hal ini berkenaan dengan penyempurnaan dari Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RPKD) Kota Denpasar Tahun 2020.

Lebih lanjut dikatakan, tema yang diangkat dalam forum konsultasi publik kali ini adalah ‘Meningkatkan kapasitas SDM untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat’. Sehingga fokus pembangunan Kota Denpasar dapat disempurnakan sehingga mampu memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.

Plt. Kepala Bappeda Kota Denpasar, I Putu Wisnu Wijaya Kusuma disela acara mengatakan bahwa di tahun 2020 Kota Denpasar telah menetapkan 5 priorotas pembangunan. Yakni Peningkatan kualitas SDM yang didukung pendidikan dan kesehatan yang berkualitas. Kedua yakni Pembangunan Infrastruktur untuk meningkatkan konektvitas. Ketiga membangun ekosistem ekonomi kreatif yang kondusif untuk menumbuhkembangkan wirausaha. Keempat memantapkan pembangunan berbasis budaya. Serta yang kalima memantapkan rerformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan.

“Dengan pelaksanaan Forum Komunikasi Publik ini tentu kami ingin mendapatkan masukan dan saran untuk mendukung pembangunan Kota Denpasar yang tepat sasaran,” jelasnya.

Sementara, Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra menekankan bahwa pelaksanaan forum konsultasi publik ini diharapkan mampu menjadi ajang penyerapan aspirasi  dari berbagai kalangan yang belum terserap dalam mekanisme formal. Seperti halnya musrenbang dari tingkat desa/lurah hingga tingkat kecamatan. “Dan kami sangat harapkan forum ini dapat melengkapi kekurangan perencanaan dalam mendukung percepatan pembanguanan di Kota Denpasar,” ujar Rai Mantra.

Dalam kesempatan tersebut Rai Mantra menambahkan bahwa pembentukan ekosistem kerja sangatlah penting dalam meningkatkan produktifitas. Sehingga apa yang menjadi skala prioritas  pembangunan dapat diwujudkan serta memberi kemanfaatan bagi masyarakat. “Dari forum ini tentunya wajib menghasilkan program yang memberikan kemanfaatan bagi masyarakat, dan yang terpenting juga adalah pemahaman tentang SAKIP sebagai parameter produktifitas pelayanan instansi pemrintahan.” Jelas Rai Mantra. (Ags/Gus/r4) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net