-->

Minggu, 24 Februari 2019

Bupati Mas Sumatri Hadiri Jambore Kader PKK

Bupati Mas Sumatri Hadiri Jambore Kader PKK

Peringatan HKG PKK ke 47 

Karangasem ,Balikini.Net  - Dalam memperdayakan masyarakat melalui peningkatan peran gerakan PKK Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri selaku ketua pembina tim penggerak PKK Kabupaten Karangasem menghadiri acara jambore kader PKK serangkaian HKG PKK ke 47 tahun 2019 Sabtu (23/2) di Wantilan Kantor Bupati Karangasem.

Wakil Ketua 2 PKK Kabupaten Karangasem Ny. Sri Haryani Sumardi selaku Ketua Panitia dalam laporanya mengatakan untuk mempercepat tercapainya tujuan Pembangunarn Nasional diperlukan peran aktif masyarakat dalam Pemberdayaan Masyarakat. Oleh karena itu dalam era globalisasi saat ini perlu peningkatan SDM dalam upaya pencapaian indeks Pembangunan Manusiayang optimal. Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga dapat dilakukan dengan menanamkan nilai- nilai etika, moral, sikap perilaku dan budaya bangsa bagi anggota keluarga sejak dini hal ini memiliki peranan dalam peningkatan mutu sumber daya manusia Keluarga akan menjadi wahana yang tangguh bagi terwujudnya Ketahanan Nasional untuk mencapai Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Tema acara ini adalah "Tingkatkan Kinerja Kader PKK melalui Pengelolaan Administrasi PKK menuju terwujudnya Nangun Sat Kerthi Loka Bali".

Tujuan Umum untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan Keterampilan para anggota TP.PKK, Kader Dasa Wisma serta Kader lainnya dalam program pembangunan khususnya 10 Program Pokok PKK sehingga mampu memberikan Pembinaan dan Penyuluhan kepada masyarakat dalam meningkatkan Derajat Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat.


Tujuan khusus meningkatkan pengetahuan dan wawasan para peserta/kader dalam program pembangunan khususnya 10 Program Pokok PKK serta mampu menerapkannya dalam keluarga dan masyarakat, meningkatkan kemampuan menyampaikan Penyuluhan tentang Tertib Administrasi dan mampu memberikan penyuluhan terkait 10 Program Pokok PKK kepada masyarakat, memupuk rasa persahabatan kekeluargaan dan rasa persatuan dan kesatuan bangsa dan memperoleh kader- kader / tenaga- tenaga yang mampu memberikan penyuluhan sebagai seleksi awal dalam mewakili Kab. Karangasem pada kegiatan Jambore Kader PKK ke tingkat Provinsi.

Jenis lomba yang ada Lomba Penyuluhan Tertib Administrasi Oleh Ketua TP PKK Desa/ Kelurahan, Lomba Penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja dengan Penuh Cinta dan Kasih Sayang Dalam Keluarga, Lomba Penyuluhan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga melalui UP2K PKK, Lomba Penyuluhan Pemanfaatan Lahan melalui Program Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK, Lomba Penyuluhan Pencegahan Stunting Pada Balita, Lomba Gembira, Lomba Merias Wajah dengan Mata Tertutup dan Lomba Yel-yel 10 Program Pokok PKK.

Panitia akan menyiapkan/ memberikan penghargaan dan hadiah bagi para pemenang I, II, dan III berupa Piala, Piagam Penghargaan dan Hadiah.

Sumber dana yang mendukung kegiatan 10 program pokok PKK bersumber dari APBD Kab. Karangasem pada kegiatan Dinas PMD Kab. Karangasem. 

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri selaku Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Kabupaten Karangasem dalam sambutannya mengatakan Kegiatan Jambore PKK pada hari ini agar dijadikan suatu wadah untuk menambah wawasan, pengetahuan, persaudaraan dan persahabatan, sehingga dapat mengoptimalkan berbagai kinerja dalam rangka mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera di Kabupaten Karangasem.

Pemberdayaan Masyarakat melalui peningkatarn peran gerakan PKK tentu saja harus selaras sesuai dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat juga Dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa, Peraturan Presiden RI Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Gerakan PKK maka diharapkan Gerakan PKK semakin mantap, untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera. Untuk itu tim Penggerak PKK dengan seluruh jajarannya bersinergi dengan pemerintah, lembaga kemasyarakatan lainnya dan dunia usaha.

PKK merupakan mitra pemerintah terutama dalam pemberdayaan perempuan salah satunya mengembangkan kreatifitas dan kemandirian para perempuan dalam menjalankan perannya. Pemerintah sangat mendukung dan mengapresiasi setiap kegiatan positif yang membantu perempuan menggali dan meningkatkan kemampuan sehingga berdampak pula dalam pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Karangasem yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hadir pula Sekretaris PKK provinsi bali nyonya kadek suastini, Ketua DPRD Kabupaten Karangasem, Ketua PKK kabupaten karangasem, asisten 1, Kepala Dinas PMD dan seluruh camat di Kabupaten Karangasem [krs/r5]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved