Bupati Mas Sumatri Hadiri Musrenbang Kecamatan Rendang Tahun 2019 - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Senin, 25 Februari 2019

Bupati Mas Sumatri Hadiri Musrenbang Kecamatan Rendang Tahun 2019

Karangasem,Balikini.Net  - Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri  menghadiri Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan Rendang yang dihadiri pula Sekretaris Daerah I Gede Adnya Mulyadi dan Forkopimda , Senin (25/2) di Kantor UPTD Pertanian Kecamatan Rendang. 


Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem I Gede Adnya Mulyadi dalam laporannya mengatakan pelaksanaan musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan Tahun 2019 ini dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu tahap Pra Musrenbang dan tahap Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan. Tahap Pra Musrenbang RKPD Kabupaten di 8 Kecamatan telah dilaksanakan pada tanggal 6 Pebruari sampai dengan 15 Pebruari 2019, Tahap Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan kami laksanakan dari tanggal 18 Pebruari di Kecamatan Abang sampai dengan 28 pebruari 2019 di kecamatan Manggis. 


Pelaksanaan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Daerah Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) maupun Musrenbang tahun ini sedikit berbeda karena setelah nanti ada prioritas yang menjadi hasil pembahasan akan diinfut dalam sistem perencanaan (SIMCAN) sehingga diharapkan ada kepastian dalam perencanaan dan pendanaan. Hal ini sebagai tindak lanjut kerjasama Bupati dengan BPKP tahun 2018.


Dalam kesempatan ini dihimbau pada peserta Pra Musrenbang agar dalam menyampaikan usulan program dan kegiatan tidak focus pada usulan fisik tetapi juga pada non fisik atau pemberdayaan masyarakat. Selain itu dihimbau tetap mengacu pada kewenangan pada masing-masing tingkatan pemerintah terutama yang menjadi kewenangan desa dan kewenangan kabupaten. 


Dirancang tema pembangunan Kabupaten Karangasem Tahun 2020 adalah "Pengentasan kemiskinan melalui peningkatan pelayanan dasar pengembangan infrastruktur, pariwisata dan ekonomi kreatif menuju pembangunan berkelanjutan" dengan 5 prioritas pembangunan daerah yang meliputi peningkatan pelayanan dasar dan kualitas sumber daya manusia, peningkatan kualitas infrastruktur dan lingkungan hidup, peningkatan produktivitas dan daya saing ekonomi melalui pembangunan pariwisata, pertanian dan ekonomi kreatif, pelestarian adat, seni dan budaya daerah, reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintah. 


Camat Rendang I Wayan Mastra dalam sambutanya mengatakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten di Kecamatan Rendang yang  dilaksanakan kali ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahurn 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional beserta turunannya, yang merupakan forum musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Pembangunan Desa yang dintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan. 


Maksud dilaksanakan musyawarah pembangunan kabupaten di kecamatan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan Desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan, sedangkan tujuan penyelenggaraan musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan Desa yang menjadi kegiatan prioritas di wilayah kecamatan dan Desa, menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas fungsi perangkat daerah.


Dari hasil diskusi atau pembahasan Pra Musrenbang, masih menitik beratkan pada kondisi Perekonomian Kecamatan Rendang, pasca Erupsi Gunung Agung sangat memerlukan kegiatan yang dapat mendukung dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat bagian atas dan masyarakat Kecamatan Rendang pada umumnya, yang mengacu pada 3 (tiga) bidang, bidang sarana prasarana ada beberapa fasilitas jalan dan sarana umum yang perlu diperbaiki akibat erupsi gunung agung, Dibidang Pendidikan masih memerlukan dukungan Pemerintah khususnya perbaikan atau pemeliharaan terhadap sarana prasarana pendidikan. Sedangkan dalam bidang kesehatan, diperlukan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu.


Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dalam Sambutanya mengatakan Dalam rangka menyampaikan usulan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem tahun 2020 harus memperhatikan Visi dan Misi Kepala Daerah Kabupaten Karangasem, Mengakomodir 9 program unggulan "Nawa Satya Dharma". Diantaranya,mendukung prioritas pembangunan Kabupaten Karangasem, mendorong pengembangan Potensi Unggulan Daerah yang dimiliki masing-masing kecamatan melalui ekonomi kreatif berbasis pemberdayaan masyarakat, program dan kegiatan yang disusun khususnya dalam rangka pengentasan kemiskinan harus berdasarkan data BDT (Basis Data Terpadu) yang sudah terverifikasi dan divalidasi serta dapat dipertanggung jawabkan, sehingga program dan kegiatan lebih terarah dan tepat sasaran.


"Hal yang menjadi penekanan saya dalam pelaksanaan Musrenbang Tahun 2019 ini, sekaligus saya titipkan kepada seluruh peserta Musrenbang Kecamatan Rendang untuk bersama-sama memikirkan pembangunan Kabupaten Karangasem kedepan," ujar Bupati Mas Sumatri.[krs/r5]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net