-->

Senin, 11 Februari 2019

Bupati Suwirta jadi pembicara di Simposium JKN di era UHC

Bupati Suwirta jadi pembicara di Simposium JKN di era UHC

Klungkung,Balikini.Net - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta kembali menjadi tamu istimewa sebagai pembicara di acara Simposium Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Era Universal Health Coverage (UHC) di Gedung Auditorium Widya Sabha Uttama, Kampus Warmadewa, Denpasar, Senin (11/2) sore.

Komitmen pemerintah kabupaten Klungkung dibidang kesehatan yang menjadi kebutuhan dasar, dimana November 2017 Kabupaten Klungkung meraih predikat Universal Health Coverage (UHC)  dalam memenuhi hak asasi masyarakat setempat dalam bidang Kesehatan. Satu prestasi yang luar biasa bagi Klungkung, mengingat daerah ini tidak memiliki pendapatan asli daerah yang besar.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjelaskan, bagaimana perjalanan Pemkab Klungkung dalam perjalanan menuju UHC, melihat masyarakat klungkung yang kurangnya jaminan kesehatan. Namun dengan didasari niat dan kerja keras yang tinggi, komitmen menyukseskan UHC dapat diwujudkan.

Sebelumnya, faktor yang mempengaruhi tercapainya UHC di Kabupaten Klungkung adalah data jumlah penduduk yang berbeda antara Badan Pusat Statistik (BPS) dengan Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Berbagai upaya pun dilakukan untuk mengejar target tersebut, salah satunya adalah menggencarkan Program Bedah Desa untuk mendata penduduk yang belum mendapatkan pelayanan kesehatan.

Bupati Suwirta berharap tidak terlayani kesehatan ini, berdampak meluas menambahnya kemiskinan karena biaya kesehatan, harus mengkaji, bukan hanya memikirkan berapa biaya yang dikeluarkan.

"Ambil keputusan dalam keterbatasan, satu langkah untuk semuanya, yaitu dengan bedah desa. Dengan bedah desa bisa melihat situasi kesehatan keseluruhan" ujar Bupati Suwirta

BPJS watch Timbul Siregar, mengatakan BPJS merupakan konsensus bersama yang berbasis gotong-rotong. Artinya, setiap peserta memiliki kewajiban dan hak yang harus dipenuhi, membuka akses pembiayaan lebih luas serta mendukung Indek Pembangunan Manusia (IPM)

Hadir sebagai pembicara, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Dinas Kesehatan Bali dan BPJS Regional Bali,  NTB,  NTT PERSI Bali (yande/r4)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved