HUT KEPEMIMPINAN ARTHA KEMBANG TAHUN KE 3 PERIODE DUA - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Senin, 18 Februari 2019

HUT KEPEMIMPINAN ARTHA KEMBANG TAHUN KE 3 PERIODE DUA


JADIKAN SEBAGAI AJANG EVALUASI.

Jemberana .Balikini.Net - Peringatan HUT Kepemimpinan Bupati Artha dan Wakil Bupati Made Kembang Hartawan yang merupakan Tahun ke 3 Periode ke 2 di laksanakan pada hari Minggu (18/2) di Gedung Kesenian Dr Ir Soekarno.  Peringatan tersebut dilaksanakan dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Bupati Artha yang diserahkan ke Bupati Jembrana periode tahun 1990 – 2000 IB Indugosa. Turut hadir, Wabup Made Kembang Hartawan, Sekda Made Sudiada, anggota Forkopimda Jembrana, Kepala – kepala OPD Pemkab Jembrana dan masyarakat Jembrana.

Dalam Sambutannya Bupati Artha mengatakan pada periode kedua ini, tiga tahun sudah mereka berjuang “Membangun Jembrana dari Desa dan Kelurahan”. “Tujuan kegiatan peringatan ini, adalah sebagai langkah-langkah evaluasi, apresiasi dan perbaikan terhadap berbagai program yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya, agar arah pembangunan Kabupaten Jembrana sejalan dengan visi-misi Kabupaten Jembrana sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Jembrana Tahun 2016-2021” ujar Artha.

Artha melanjutkan Selama kurun waktu 3 (tiga) tahun pada periode kedua ini, mereka telah melaksanakan berbagai program dan kegiatan yang dapat memenuhi kepentingan dasar masyarakat Jembrana sebagai tindaklanjut dari porgram Pemerintah Pusat. Pada bidang pendidikan, telah dilaksanakan rehabilitasi sarana dan prasarana sekolah, pembangunan perpustakaan dan perekrutan guru.

Disamping itu, program beasiswa bagi mahasiwa berprestasi asal Jembrana terus dilanjutkan dan terus berupaya untuk mengoptimalkan peran Akademi Komunitas yang ada di Desa Baluk, serta mendorong beroperasinya Politeknik Kelautan dan Perikanan yang ada di Desa Pengambengan. Hal ini bertujuan agar putra-putri Jembrana dapat mengenyam pendidikan tinggi secara adil, mudah dan merata sehingga mereka dapat bersaing di dunia kerja yang sekaligus akan mengurangi angka pengangguran di Jembrana.

Pada bidang kesehatan, Artha mengatakan telah dilakukan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan melalui peningkatan sarana Puskesmas Rawat Inap di setiap Kecamatan dan Pustu di tiap-tiap Desa/Kelurahan, pembangunan dan peningkatan RSU Negara menjadi rumah sakit tipe B, perekrutan dokter dan paramedis serta memberikan bantuan iuran premi BPJS kepada seluruh masyarakat kurang mampu melalui sharing anggaran dengan Pemerintah Provinsi Bali sehingga pada tahun 2019 seluruh masyarakat Jembrana telah 100 % memiliki kartu JKN-KIS dengan total anggaran mencapai 53 milyar lebih.

Disamping itu, pada bidang pariwisata juga telah dikembangkan beberapa titik daerah wisata diantaranya penataan Teluk Gilimanuk, Rest Area Pengeragoan, Anjungan Cerdas Mandiri Rambut Siwi, pembangunan Kebun Raya Jagatnatha dan pengembangan wisata lainnya bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di tiap-tiap desa. Dan pembangunan pada bidang – bidang lainnya yang terkait dengan kebutuhan masyarakat seperti Terminal Kaliakah, revitalisasi pasar, pembangunan bank sampah dan TPS 3R di beberapa desa dan kelurahan.

Artha mengatakan perjuangannya membangun Jembrana telah mendapat respon positif dan apresiasi dari Pemerintah Pusat, terbukti telah beberapa kali kita mendapat penghargaan di tingkat nasional, diantaranya : dalam bidang pengelolaan keuangan telah 3 (tiga) kali berturut-turut mendapat Predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian); penghargaan “Anugerah Kencana” Tingkat Nasional atas keberhasilan membentuk Kampung KB di sejumlah desa; penghargaan tingkat nasional “Anugerah Parahita Ekapraya” Kategori Madya atas keberhasilan Kabupaten Jembrana sebagai Kabupaten Layak Anak; dalam bidang pelayanan publik, Ombudsman Republik Indonesia telah menganugerahkan Kabupaten Jembrana sebagai Kabupaten Predikat Kepatuhan Tinggi terhadap standar pelayanan publik; serta beberapa penghargaan-penghargaan lainnya.

“Kita patut berbangga atas prestasi dan beberapa penghargaan tersebut, namun tidak boleh terlena dan cepat berpuas diri, sebab kesejahteraan masyarakat Jembrana lah yang menjadi fokus utama perjuangan kita bersama ini. Kami menyadari apa yang telah kita laksanakan belumlah sempurna dan dapat memuaskan keinginan semua pihak. Untuk itu, saya mewakili seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Jembrana menyampaikan komitmen untuk terus berjuang tegak lurus mewujudkan Jembrana yang maju, damai dan sejahtera sesuai dengan visi misi Kabupaten Jembrana yang kita cintai” ujar Artha.

Selain melaksanakan seremoni, dilaksanakan juga hiburan untuk masyarakat Jembrana seperti Vana Band, Lawak Ketekung Buntut, Mr Botax Band, Made Gimbal Band, KIS Band dan penampilan ditutup oleh Nanoe Biroe.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net