-->

Selasa, 12 Februari 2019

Mantapkan Program, Bupati Suwirta Gelar Sosialisasi Kerja ke Luar negeri

Mantapkan Program, Bupati Suwirta Gelar Sosialisasi Kerja ke Luar negeri

Klungkung,Balikini.Net - Dalam mengentaskan masalah kemiskinan seorang Perbekel harus proaktif dalam menjalin komunikasi dan kerjasama dengan pemerintah daerah yaitu Bupati. Data jumlah KK miskin yang dilaporkan harus akurat dan disampaikan secepatnya karena akan berpengaruh dalam pengambilan keputusan. Demikian disampikan Bupati Klungkung saat membuka kegiatan sosialisasi Pendidikan Pelatihan Keterampilan Calon Tenaga Kerja Ke Luar Negeri, Selasa (12/2/2019) diruang rapat praja mandala.

Saat melaksanakan Program Bedah Desa pada periode pertama kepemimpinannya, Bupati Suwirta mengaku banyak sekali menemukan KK miskin yang memiliki anak yang berpotensi membantu ekonomi keluarga namun terkendala biaya untuk belajar dan bekerja keluar negeri. Menurutnya Pemda tidak bisa secara terus menerus memberikan bantuan beras dan sembako kepada KK miskin ini. Pemda lebih baik mendidik para anak dari keluarga kurang mampu ini untuk bekerja keluar negeri sehingga dapat mengangkat taraf hidup dan mengurangi kemiskinan.

Program Kerja ke Luar Negeri atau kapal Pesiar ini merupakan salah satu program unggulan dari Bupati Suwirta dalam mengurangi angka KK miskin di Klungkung. Sasaran dari program ini adalah anak remaja setingkat SMA/SMK maupun yang telah tamat yang berasal dari keluarga kurang mampu.

 “Program ini dikhususkan kepada anak remaja yang berasal dari keluarga tidak mampu. Bekerjasama dengan STP Nusa Dua, Bali, anak ini nantinya dididik menjadi tenaga kerja yang handal dan diberangkatkan keluar negeri yang dibiayai oleh Pemda Klungkung. Diharapkan, sekembali dari bekerja di kapal pesiar akan dapat membantu meningkatkan taraf hidup keluarganya,”ujar bupati Suwirta

Sementara itu kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Gede Kusuma Jaya dalam laporannya mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut kerjasama dengan pihak STP Nusa Dua, Bali dalam mendidik dan menyalurkan ke luar negeri para tenaga kerja yang berasal dari KK miskin di Klungkung. “ Melalui program dan kerjasama ini kami Ingin mencerdaskan dan memberikan pekerjaan kepada KK Miskin secara gratis sehingga akan dapat mengingkatkan taraf hidup mereka. Lewat sosialisasi ini diharapkan terjadi persamaan persepsi terkait segala hal mengenai program ini ”ujar Gede kusuma Jaya.

Selanjutnya, para perbekel diharapkan sudah mengumpulkan data KK miskin didesanya masing masing selambat lambatnya akhir Ferbuari tahun ini. Kemudian dari data tersebut akan dipanggil untuk dilakukan tes oleh Tim STP Nusa Dua Bali. setelah lulus tes barulah diberikan pendidikan dan pelatihan kerja sebelum nantinya disalurkan untuk bekerja.   

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga kerja Klungkung ini turut dihadiri oleh pihak STP Nusa Dua, Bali yang dipimpin Dewa Gede Byomantara, para Camat, Lurah serta para Perbekel se-Klungkung Daratan.[jim/r5]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved