-->

Sabtu, 16 Februari 2019

Nilai Nilai Weda Bisa Memperkuat Konsep Pembangunan Bali

Nilai Nilai Weda Bisa Memperkuat Konsep Pembangunan Bali

Renon,Balikini.Net - Gubernur Bali Wayan Koster berharap ajaran Weda menjadi basis untuk memperkuat konsep pembangunan Bali yang berlandaskan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Hal ini disampaikannya saat memberi sambutan dan membuka Konferensi Internasional bertema ‘Enlivening Vedic Bali’ di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Jumat (15/2)

Gubernur Koster menyambut baik diselenggarakannya konferensi internasional yang membahas tentang Weda di Bali. Ia berharap konferensi ini menambah pengetahuan para peserta konferensi. “Saya yakin Weda itu nilai-nilainya akan menjadi basis yang bisa memperkuat konsep pembangunan Bali di masa yang akan datang,” ujarnya. Ia menambahkan, pengetahuan yang diperoleh dalam konferensi ini harus tetap implementatif dan sesuai dengan kearifan lokal Bali. 

Sebelumnya Gubernur Koster menyampaikan bahwa Bali memiliki akar kebudayaan yang hebat. Sumber daya manusia Bali juga menurutnya unggul sehingga dimanapun bisa berkiprah. Ketua PDIP Provinsi Bali ini mengatakan konsep Sad Kertih adalah salah satu bentuk implementasi dari kearifan lokal Bali untuk melindungi alam Bali secara sekala dan niskala. Oleh karena itu pembangunan Bali ke depan menurutnya harus memperhatikan keseimbangan alam. Itu sebabnya Gubernur akan menjaga kebersihan air, tanah dan udara dengan menerapkan program program ramah lingkungan seperti pertanian organik, penggunaan kendaraan listrik dan program lainnya. 

Konferensi Internasional Enlivening Vedic Bali yang digelar Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar dan Maharishi University of Management Amerika Serikat menghadirkan beberapa akademisi dan praktisi Weda internasional.[pr/r5]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved