-->

Selasa, 05 Februari 2019

Pejabat Utama Polda Bali Dilatih Leadership, Partnership dan Followership

Pejabat Utama Polda Bali Dilatih Leadership, Partnership dan Followership

Tabanan,balikini.net - Bertepatan dengan hari libur tahun baru Imlek 2019, sebanyak 76 personel Polda Bali berpangkat Kombes, AKBP dan Kompol mengikuti kegiatan outward bound di Bedugul, Baturiti, Tabanan, Selasa (5/2).  Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah "Outward Bound Guna Membangun Soliditas di Lingkungan Polda Bali dalam rangka Pengamanan Pemilu 2019".

Kegiatan ini mendatangkan narasumber dan tutor yang berpengalaman di bidangnya dan sudah pernah mengikuti pelatihan outward bound ke Amerika Serikat. Mereka adalah Kolonel (Purn) Herman Rasjid dan Fred Summampow.

Konsep outbound yang diterapkan kepada para Pejabat Utama Polda Bali ini tidak seperti outbound pada umumnya yang lebih mengedepankan permainan. Tetapi di sini, para peserta dihadapkan dengan tantangan yang nyata. 

"Makanya outbound main di gunung, naik-turun perbukitan, ada tantangan cuacanya yang hujan sehingga tantangannya lebih riil. Tantangan inilah yang akan dihadapi para peserta ketika mereka bertugas, salah satunya saat pengamanan Pemilu 2019," jelas Kolonel (Purn) Herman Rasjid.

Dijelaskannya bahwa selain untuk menguji kemampuan kepemimpinan para peserta, kegiatan ini juga sebagai wadah pembentukan karakter para pejabat di lingkungan Polda Bali, seperti leadership, partnership dan followership. 

Selama outbond ini, para peserta diperlakukan dengan setara. Tidak ada fasilitas mewah yang diberikan selama kegiatan outbond ini. "Makan, tempat tidurnya semua sama, tidak ada yang mewah-mewah," ujarnya.

Terkait tema yang diusung, pensiunan polisi melati tiga di pundak ini menyampaikan, selama outbound, para peserta menunjukkan kreativitas dan soliditasnya dalam team work. Para peserta dilatih team work dengan memanfaatkan batang pohon bambu dan drum untuk dijadikan rakit dan dayung. 

Satu tim peserta berjumlah 12-13 orang harus menggunakan rakit buatan mereka untuk mengambil bendera yang ditancapkan di tengah Danau Beratan. "Dengan cara ini, akan diketahui bagaimana leadership, konseptual dan perencanaannya," terangnya.

Salah satu peserta, Kombes Pol Mohammad Iqbal merasakan besar manfaatnya dari outbond ini. Dengan outbond ini, para peserta dapat lebih meningkatkan kemampuan dalam managerial dan bekerja sebagai team work yang solid.

Salah satu peserta, Kombes Pol. Drs. I Nyoman Sumanajaya mengaku senang dan merasakan besar manfaatnya dari outbound ini. Dengan kegiatan ini, para peserta dapat lebih meningkatkan kemampuan dalam managerial dan bekerja sebagai team work yang solid.

"Kegiatan outbound ini sangat bermanfaat karena kita diajarkan untuk setiap melakukan sesuatu harus dengan proses managerial. Kita juga dituntut harus dapat mengambil keputusan yang tepat dalam kondisi apapun. Team Work waiib dilakukan untuk mencapai suatu tujuan atau visi," terang Kombes Pol. Drs. I Nyoman Sumanajaya yang saat ini menjabat sebagai Karo Ops Polda Bali.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved