-->

Rabu, 13 Maret 2019

Perda Pecalang, Akan Mampu Dorong Tingkatkan Keterampilan dan Sekil Pecalang

Perda Pecalang, Akan Mampu Dorong Tingkatkan Keterampilan dan Sekil Pecalang

[ Foto:  Ketua Komisi IV DPRD Bali  I Nyoman Parta, SH ]
Denpasar.Balikini.Net - Agar para Pecalang (nama petugas keamanan Desa Adat di Bali) memiliki posisi yang kuat, keterampilan serta sekil yang mumpuni. Terutama terkait dengan pelaksanaan tugas keamanan. Maka, diatur dalam Perda, yaitu Perda terkait Pecalang. Yang nantinya, akan diberi pelatihan, pembekalan dan materi ketertiban, itu disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Bali dan Ketua Revisi Ranperda Desa Pakraman Bali, I Nyoman Parta, SH, Rabu,(13/3) di Renon, Denpasar, Bali.

"Agar para Pecalang memiliki posisi kuat, memiliki keterampilan dan sekil memadai juga khususnya terkait tugas yang dimiliki ketika mereka (para pecalang) laksanakan tugasnya dilapangan," jelasnya.

Dilanjutkan, maka dari itu dalam Perda mengatur terkait Pecalang tersebut juga.

"Ada Perdanya, dengan Pecalang akan diberi pelatihan, pembekalan dan materi tentang ketertiban oleh yang berkompeten nantinya," ujarnya.

Menurut Parta , jika dilihat pecalang keberadaanya begitu bermanfaat dalam membantu dan menjaga kelancaran  tugas-tugas di Desa adat maupun tugas-tugas keamanan di Bali pada umumnya.

"Jika dilihat, Pecalang juga dapat dilibatkan dalam partisipasi guna menjaga keamanan Bali ini," ucapnya.

Sembari dia menambahkan, jika dilihat para Pecalang di Bali juga akan memiliki asosiasi ditingkat Kecamatan, Kabupaten, maupun Provensi. Maka, Pecalang di Desa Adat yang satu dengan Pecalang Desa Adat lain di Bali. Nantinya, akan dapat saling meminta bantuan atau pertolongan kepada pecalang dari Desa Adat lain di Bali. [AG/r7]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved