-->

Jumat, 18 Desember 2015

Pastika Ingatkan Siswa Miliki 3 n, Nurani, Nalar, Nyali

Pastika Ingatkan Siswa Miliki  3 n, Nurani, Nalar, Nyali


Balikini.Net - Pemimpin masa depan yang mampu memimpin dunia harus mempunyai 3 N, Nurani, Nalar dan Nyali. Hal itu ditegaskan oleh Gubernur Made Mangku Pastika saat mengunjungi SMA/SMK Bali Mandara di Kubutambahan, Buleleng, Kamis (17/12). Dijelaskannya pemimpin yang bijaksana harus punya nurani untuk rakyat, nalar atau otak yang pintar untuk merencanakan program-program pro rakyat, dan nyali untuk mengeksekusi program tersebut. "Jadi pemimpin resikonya lebih besar, kalau kalian tidak bisa pertahankan 3 N itu, ya tidak lama kalian jadi pemimpin," tegasnya. Pastika juga tidak bosan mengingatkan para siswa untuk jangan pernah berhenti bermimpi. Menurutnya dari mimpi kesuksesan bisa diraih. "Mimpilah kalian pertama, dari mimpi kalian akan menemukan harapan, harapan berubah menjadi keberanian, dalam keberanian kalian berani menentukan langkah pertama. Dari langkah-langkah kalian akan menjadi sebuah perjalanan, dan saya yakin di ujung perjalanan, kesuksesan menunggu kalian," gugahnya.
 
Pastika juga mengapresiasi perkembangan infrastruktur sekolah dan kedisiplinan para siswa. Ditambahkannya, fasilitas yang bagus diharapkan bisa menumbuhkan semangat belajar dan disiplin siswa. "Kedisiplinan itu harus, kalian tidak akan berhasil mengubah dunia tanpa mengubah diri kalian jadi disiplin dulu," tegasnya. Menurutnya pelajaran menjadikan orang disiplin bisa menjadi tantangan sendiri dalam membetuk seorang pemimpin. "Sejatinya pohon jati yang kuat hidup di tanah kapur, tanah yang keras, bukan di sawah, tempat yang lembek, begitu juga seorang pemimpin," tegasnya. Selain itu dia juga berpesan kepada siswa, bahwa mereka beruntung dididik di SMA/SMK Bali Mandara. Karena menurutnya, di sekolah ini mereka dididik dengan memadukan unsur teknologi, sains, ketrampilan dan rohani. "Beda dengan orang barat yang terlena akan teknologi, mereka manja, saraf motorik mereka tidak bagus, maka beruntunglah kalian," tandasnya. lah ini.

Sementara itu, kepala sekolah SMA/SMK Bali Mandara, I Wayan Darta, sangat mengapresiasi kunjungan Gubernur kali ini. Dia menjelaskan bahwa visi SMA/SMK Bali Mandara adalah untuk mencetak pemimpin masa depan, pemimpin yang paripurna dan pemimpin yang benar-benar seimbang secara rohani dan jasmani. Darta menjelaskan tujuan pendirian sekolah ini adalah membantu pendidikan untuk putra putri Bali yang tergolong kurang mampu, namun punya semangat tinggi untuk belajar dan memperbaiki ekonomi keluarga. Dia juga menjelaskan bahwa SMA/SMK Bali Mandara adalah sekolah negeri pertama di Bali yang menggunakan kurikulum internasional, karena inging mencetak pemimpin yang mampu bersaing secara global. Ditambahkannya bahwa sekolah yang berdiri pada tahun 2011 ini telah banyak mencetak lulusan terbaik hingga memperoleh beasiswa di perguruan tinggi bergengsi di dalam maupun di luar negeri. Menurut Darta 21 siswa lulusan angkatan pertama mendapatkan beasiswa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) padahal saat itu sekolahnya belum terakreditasi. Kebanggaan akan para siswanya juga semakin bertambah seiring dengan perolehan nilai akreditasi sekolah sebesar 97 dari 100. Selain di perguruan tinggi di Indonesia, ditambahkannya sebanyak 8 lulusan telah memperoleh beasiswa di luar negeri yaitu 1 orang di University of Kansas dan 3 orang di Osmania University, Amerika, dan 4 orang lainnya di Maharsi University of Management, India. Mengakhiri laporannya, Darta memperkenalkan supervisor bidang kerjasama internasional dari Windeshim University, Belanda, Jannie Lensen Botter. Dalam kurun 3 tahun terakhir Universitas tersebut setiap semester selalu meninjau SMA Bali Mandara, dan mengirimkan tenaga sukarelawan mengajar di sekolah ini.
 
Pada acara itu, para rektor dari berbagai perguruan tinggi swasta diundang oleh gubernur, dengan harapan mendapatkan masukan untuk kemajuan sekolah. Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, S.Pog, Korem 163 Wirasatya I Nyoman Cantiyasa, para Rektor Universitas Swasta se Bali, Pimpinan SKPD Provinsi Bali dan para guru, tenaga adkinistari dan siswa SMA/SMK Bali Mandara. Acara juga diisi dengan penyerahan sumbangan buku dari yayasan Tri Hita Karana oleh ketuta yayasan, Wisnu Wardana dan dimeriahkan dengan berbagai atraksi tarian dan bela diri dari para siswa. (hum)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved