-->

Minggu, 10 Juli 2016

Upacara Metatah Massal Gratis Di Puri Peguyangan

Upacara Metatah Massal Gratis Di Puri Peguyangan

metatah massal (balikini.net )
Bertepatan dengan redite ukir minggu (10/7) Puri Peguyangan Denpasar, menggelar Mepanes/ Metatah Massal, Upacara ini merupakan rangkaian dari
Karya Atma Widana atau Memukur terhadap mendiyang Anak Agung Putu Agung Tirta , yang di ikuti 64 warga peguyangan . upacara yang di mulai dari dini hari pukul 04:00 wita berjalan dengan khusuk .

Prosesi upacara Mepanes/Metatah Massal ini diawali dengan gendang yang di puput Ida Pedanda Gede Oka Arga dari Griya Bindu Kesiman  , yang menarik dari rangkaian Upacara Mepanes/Metatah Massal ini, masih tetap mempertahankan adat dan budaya dengan mengusung satu pertastu peserta .
Menurut pengelingsir Puri Peguyangan Anak Agung Ngr Widiada Upacara mepandes massal ini gratis bagi warga ada sebayak 55 peserta 6 warga puri 10 semeton 39 warga .

Sesepuh Puri AA Ngr Widiada menegaskan upacara ini merupakan bakti terhadap anak kepada leluhur , selain itu juga merupakan kebersamaan Puri dengan warga  sebagai salah satu bagian dari masyarakat selain bisa memberikan pengayoman puri juga berpungsi sebagai pusat budaya saat ini. selain itu widiada juga menegaskan . “Metatah ini merupakan suatu tradisi bagi umat Hindu pada khususnya tatkala anak itu sudah dewasa serta berupaya menghilangkan rasa atau sifat sadripu untuk anak-anak yang diacarai hari ini yang merupakan bagian dari manusa yadnya” ujarnya. 

Sementara sejumlah peserta mengakaui mengikuti upacara ini. adalah suatu kebanggaan baginya didalam era sekarang ini warga atau braya akan menjadi di ringankan dengan bergotong royong mereka terbantu dengan biaya yang cukup tinggi bisa diatasi . (Dearna )


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved