-->

Selasa, 11 April 2017

Launching Desa Wisata, Implementasi Pariwisata Berbasis Desa Adat

Launching Desa Wisata, Implementasi Pariwisata Berbasis Desa Adat

Balikini.Net - "Pengembangan Desa Wisata di Desa Dukuh Penaban merupakan implementasi dari program pemerintah dalam mengembangkan potensi Pariwisata Berbasis Desa Adat, khususnya di Kabupaten Karangasem", demikian diungkapkan Bupati Karangasem IGA Mas Sumantri dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat I Wayan Sutapa, Selasa (11/04/2017) saat Launching Desa Wisata dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Museum Lontar di Jaba Pura Puseh, Desa Pakraman Dukuh Penaban, Karangasem.

Dengan adanya desa wisata ini, Bupati Mas Sumatri berharap akan lebih meningkatkan daya saing dalam mengelola desa dan membangkitkan ekonomi kreatif, sehingga nantinya dapat mensejahterakan masyarakat setempat. "Ini sejalan dengan upaya Pemkab Karangasem dalam meningkatkan dan mengembangkan potensi pariwisata dengan tagline Karangasem The Spirit of Bali", tegasnya.

Sementara itu, Bendesa Adat Penaban, I Nengah Suarya dalam laporannya mengatakan,  launching desa wisata dan pembangunan Museum Lontar ini merupakan usaha dalam memberdayakan seluruh komponen masyarakat desa. "Nantinya semua paket atraksi seni dan budaya akan melibatkan masyarakat lokal, dan saya berharap semoga usaha ini akan mengangkat perekonomian, khususnya di Desa Penaban ini", harapnya.

Suarya menambahkan, Museum Lontar yang dibangun seluas 1 hektar ini nantinya akan menjadi  pusat studi dan pelestarian lontar yg saat ini keberadaannya makin memprihatinkan. "Di Museum ini akan dibangun Taman Gumi Banten, pasraman, open stage, balai pendopo utk menginap para wisatawan yang berkunjung", imbuhnya.

Launching Desa Wisata Desa Wisata Dukuh Penaban ditandai pula dengan peletakan batu pertama pembangunan Museum Lontar oleh Direktur Bidang Kerjasama dan Pengembangan Desa, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI  Ir. Eko Sri Haryanto, bersama Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat I Wayan Sutapa, dan Ketua Umum Pusat Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Pusat, Maret Samuel Sueken.

Hadir pula dalam acara itu, Anggota DPRD Propinsi Bali Komang Oka Antara, Penglingsir Puri Ubud, Penglingsir Puri Karangasem, Pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Karangasem dan para tokoh masyarakat Desa Dukuh Penaban.[kr/r6]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved