-->

Rabu, 11 Oktober 2017

50 Hektar Lebih Hutan Lindung Di Kawasan Bukit Payang Terbakar

50 Hektar Lebih Hutan  Lindung Di Kawasan Bukit  Payang Terbakar

Bangli,Balikini.Net- Kebakaran hutan seperti yang terjadi di kawasan hutan bukit Payang Rabu (11/09/2017) pukul 11.00 wita  semak semak yang terbakar berdampak pada pohon pelindung milik Hutan BKSD ikut juga terbakar.

Menurut saksi Mangku Seker,( 54)  warga Banjar Yeh Panas Desa Songan B melintas di kawasan hutan Bukit Payang menemukan semak semak yang terbakar. Oleh saksi peristiwa tersebut diteruskan ke Bhabinkamtibmas Desa Kedisan  dan selanjutnya dilaporkan ke Polsek Kintamani.
Sementara itu Kapolsek Kintamani Kompol  I Putu Gunawan saat dikonfirmasi membenarkan adanya kebakaran hutan . Berdasarkan  Informasi tersebut personil Polsek telah melakukan upaya mengerahkan personil untuk memadamkan api ke lokasi kemudian menghubungi pemadam kebakaran"ujarnya.

Lebih lanjut disampikan,p erkembangan  sampai saat ini diperkirakan sekitar 50 hektar lebih kawasan hutan terbakar sebagian besar adalah semak - semak yang kering akibat cuaca panas. Saat ini upaya pemahaman sedang dilakukan  dengan melibatkan 3 kendaraan Damkar dibantu masyarakat (100orang), anggota Polsek Kintamani (20 orang), anggota Koramil (5 orang) dan anggota KSDA (5 orang), namun  sampai sore hari api  belum bisa dipadamkan karena medan yang begitu sulit damkar untuk menjangkau"ucapnya.

Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan, namun diperkirakan adanya gesekan pohon yang menimbulkan adanya percikan api atau kemungkinan  tidak sengaja warha yang melintas membuang puntung rokok yang masih menyala ditambah angin berhembus kencang sehingga api semakin membesar ditambah semak-semak dibawah pohon hutan lindung kering hingga api cepat meluas"pungkasnya. (ag/r6)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved