-->

Rabu, 11 Oktober 2017

Bupati Tabanan Tularkan Semangat Membangun Daerah Kepada Persatuan Dharma Wanita

Bupati Tabanan Tularkan Semangat Membangun Daerah Kepada Persatuan Dharma Wanita

Tabanan ,Balikini.Net - Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, menularkan semangat untuk membangun Daerah kepada Wanita Indonesia yang tergabung dalam Dharma Wanita Persatuan (DWP) seluruh Indonesia saat menjadi pembicara pada Seminar Nasional DWP Tahun 2017 yang di adakan di Birawa Assembly Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Selasa (10/10).

Bupati yang akrab disapa Eka ini menyebutkan pembinaan terhadap perempuan sangatlah penting, karena jika perempuan diberikan wadah untuk berekpresi. Nantinya bisa juga menjadi partner pemerintahan dalam membangun Daerahnya di berbagai sektor.

“Melalui kegiatan ini, Saya ingin memberikan motivasi kepada kaum perempuan supaya bisa menularkan semangat untuk sama-sama terjun ke lapangan bahkan menjadi Kepala Daerah. Jadi tidak di Tabanan saja, semua wanita dari Sabang sampai Merauke harus maju”, Ujar Eka.

Srikandi asal Banjar Tegeh, Angseri ini juga menambahkan ada beberapa hal yang sudah dilakukan dalam hal membina perempuan yang ada di Tabanan, seperti dalam hal kemajuan ekonomi, Pemerintah menaunginya dalam bentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang didalamnya menampilkan karya hasil Ibu-Ibu baik itu makanan maupun kerajinan tangan.

“Dari segi kuliner, Ibu-Ibu terus dilatih untuk menciptakan makanan khas yang harga-nya kaki lima tapi rasa-nya bintang lima. Selain itu, kaum Ibu-Ibu juga dilatih untuk mengelola Desa Wisata yang saat ini sudah ada 44 Desa Wisata yang mana Ibu-Ibu dituntut harus mampu memberikan pelayanan yang baik kepada para turis yang datang”, Ujar Eka.

Bupati perempuan pertama di Bali tersebut juga berharap melalui kegiatan seminar yang bertema Perempuan Sehat Pelaku Ekonomi Handal bisa muncul kader muda dari perempuan yang hebat dibidangnya. Tidak hanya hebat di politik, melainkan di bidang kuliner, kesenian, maupun kesehatan.

“Jadi saat ini semua punya kesempatan, tidak hanya kaum laki-laki, karena kalau laki-laki maju sendirian akan lama, makanya harus ditambah kinerja perempuan, terbukti pengangguran saat ini berkurang, karena perempuan ikut bergerak”, Tandas Eka.

Di akhir materi nya Bupati Eka mengajak para kaum perempuan khususnya ibu-ibu untuk datang ke Tabanan supaya bisa melihat langsung dan belajar.

"Kalau langsung datang kesana, jadi yang harusnya perlu 3 tahun ini dalam setahun bisa jalan karena saya akan buka semua tips dan regulasi dalam mengelola Daerah", Tandasnya.

Sementara itu, Wien Ritola Tasmaya selaku Ketua Umum dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pusat mengungkapkan kegiatan tersebut diadakan dalam rangka meningkatkan sumber daya anggota DWP sebagai center of excelence.

“Peran wanita sangat penting untuk kemajuan Bangsa, wanita tidak boleh ketinggalan dalam hal apapun, baik itu bidang sosial, kesehatan maupun ekonomi”, Ujar Wien.

Acara tersebut juga dihadiri lebih dari 1500 orang anggota DWP Intansi Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota serta masyarakat umum. (tbn/r7)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved