-->

Selasa, 19 Desember 2017

Pemeran Arsip Keberagaman Budaya Indonesia Digelar Di Monumen Bajrasandi

Pemeran Arsip Keberagaman Budaya Indonesia Digelar Di Monumen Bajrasandi

Denpasar , Balikini.Net - Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali bekerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia menggelar pameran Arsip Keberagaman Budaya Indonesia yang dipusatkan di Area I AM BALI, Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Bajrasandhi, Renon, Denpasar, mulai dari 19-22 Desember 2017, yang dibuka secara resmi oleh Kepala Arsip Nasional RI didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Bali Cokorda Ngurah Pemayun.

Dalam kesempatan itu Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali Cok Pemayun, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas digelarnya pameran tersebut. menurutnya, pameran yang mengambil tema keberagaman Kebudayaan Indonesia dapat menjadi kekuatan dan kebersamaan untuk saling bahu membahu dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indoneia, agar dapat terhindar dari disintegrasi bangsa yang mengarah kepada perpecahan bangsa. Disamping itu, ia juga menyampaikan pameran arsip dalam rangka peringatan hari nusantara ini mempunyai makna yang sangat penting. Menururtnya Hari Nusantara mengingatkan pada konsep wawasan nusantara, dimana pada saat ini masyarakat kembali meneguhkan tekad bahwa Republik Indonesia adalah sebuah negara kesatuan yang tidak terpisahkan, kendati secara geografis negara ini terdiri atas lebih dari 17.508 pulau, baik yang sudah berpenghuni maupun yang belum. Walaupun berbeda-beda suku dan bahasa namun Indonesia lebih menunjukan tolerasi yang tinggi dalam menjaga kerukunan dan kehormatan bagi masing-masing agama dan budaya. Untuk itu, Pastika berharap dengan adanya pameran tersebut masyarakat dapat melihat keberagaman kasanah budaya Indonesia yang sangat unik dan perlu dilestarikan.

Sementara itu, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Musatari Irawan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Bali atas kerjasama yang telah dilakukan sehingga pameran tersbeut dapat terlaksana. Menurutnya pameran ini bertujuan untuk mengingatkan dan memperkenalkan kepada masyarakat Indonesia bahwa Indonesia dibentuk dari keberagaman adat, budaya, suku, dan bahasa yang sangat unik dan patut untuk dilestarikan.  Untuk itu dalam pameran kali ini, Arsip Nasional menghadirkan arsip-arsip berupa gambar maupun audio visual yang berkaitan dengan suku bangsa, produk, kebudayaan yang dihasilkan setiap provisni, keberagaman agama yang tumbuhdi Indonesia. Ia berharap masyarakat yang berkunjung ke Monumen Perjuangan Rakyat Bali, dapat meluangkan waktunya untuk mengunjungi pameran tersebut.

Hadir pula dalam kesempatan itu, beberapa kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali, serta undangan lainnya. [pr/r5]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved