-->

Jumat, 09 Februari 2018

Bupati Giri Prasta Lantik Pengurus MGPSSR Abiansemal

Bupati Giri Prasta Lantik Pengurus MGPSSR Abiansemal

Mangupura ,Balikini.Net - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta selaku Ketua Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Kabupaten Badung melantik dan mengukuhkan Pengurus MGPSSR Kecamatan Abinsemal dan pengurus MGPSSR Desa se-Kecamatan Abiansemal masa bakti tahun 2018-2023 di Wantilan Pura Pasek Gelgel, Banjar Piakan, Desa Sibang Kaja, Jumat (9/2). Acara pelantikan dihadiri para Sulinggih, Anggota DPRD Badung I Nyoman Wiradana, Ketua MGPSSR Provinsi Bali Wisnu Bawa Temaja, Kabag Humas Putu Ngurah Thomas Yuniarta, Sekcam Abiansemal, Perbekel dan Bendesa Adat Sibang Kaja. 

Bupati Giri Prasta menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pelantikan pengurus Kecamatan dan Desa MGPSSR se-Kecamatan Abiansemal. Diharapkan melalui pelantikan ini dapat meningkatkan pasemetonan pasek di Kecamatan Abiansemal maupun di Kabupaten Badung. "Melalui kepengurusan ini, agar dapat bekerja untuk ngayah dan memastikan berapa banyak semeton pasek di badung," jelasnya. Untuk kinerja pada pengurus dadia akan diberikan laptop. Giri Prasta juga mengharapkan, semeton MGPSSR dapat meningkatkan dan melestarikan seni, adat, agama dan budaya. Selain itu pula semeton dapat melaksanakan konsep Tri Hita Karana, bagaimana meningkatkan hubungan harmonis antara manusia dengan tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungan. Khusus kepada dadia pasek diharapkan agar mendaftar ke Dinas Kebudayaan Badung untuk mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT). Dengan terdaftar di pemerintah daerah ini Pura Dadia dapat dibantu oleh Pemkab Badung. 

Ketua MGPSSR Provinsi Bali Wisnu Bawa Temaja juga menyampaikan dukungannya atas pelantikan pengurus MGPSSR Kecamatan dan Desa se-Abiansemal. Diharapkan semeton pasek tetap raket antara pasemetonan, serta raket dengan pasemetonan yang lain untuk membangun bali kedepan dengan baik. Selain itu pasemetonan pasek agar dapat memahami ajaran pasek yakni bhakti ring kawitan, heling ring bisama dan guyub ring semeton. 
Ketua Panitia I Made Suparta melaporkan bahwa pelantikan ini diikuti 18 desa dengan 54 dadia di kecamatan Abiansemal. Tema yang diangkat dalam acara pengukuhan dan pelantikan ini yakni "bakti ring kawitan, heling ring bisama, guyub ring semeton". "Suksesnya Pelantikan ini berkat bantuan dan partisipasi semeton pasek sehingga pelantikan ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar," tambahnya. [BDG/R5]


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved