-->

Senin, 02 April 2018

Pemkot Denpasar Dukung Pengerajin Denpasar Ciptakan Produk Unggulan

 Pemkot Denpasar Dukung Pengerajin Denpasar Ciptakan Produk Unggulan

Hadirkan Berbagai Kerajinan di SMESCO Minang Festival
Pemkot Denpasar Dukung Pengerajin Denpasar Ciptakan Produk Unggulan

Jakarta,,Balikini.Net - Pemkot Denpasar sebagai kota berwawasan budaya dan ekonomi kreatif terus mendukung perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Dalam upaya memaksimalkan promosi dan pemasaran, hasil kerajinan UKM Kota Denpasar turut meramaikan stand Produk Unggulan Provinsi Bali. Hal tersebut tampak saat pembukaan SMESCO Minang Festival dan Relaunching Produk Unggulan 34 Provinsi di Indonesia. Acara yang menghadirkan produk kerajinan terbaik provinsi di seluruh Indonesia ini dibuka Ketua Dewan Kerajinan Nasional, Ibu Mufidah Jusuf Kalla di Gedung SMESCO Indonesia, Jakarta, Sabtu (31/3).

Hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Koperasi dan UKM RI, AA Gede Ngurah Puspayoga, Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara, Kadiskop UKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma, serta seluruh undangan lainya.

Dalam sambutanya, Ketua Dewan Kerajinan Nasional, Ibu Mufidah Jusuf Kalla menekankan bahwa sektor UKM yang menghasilkan produk kerajinan merupakan salah satu faktor pendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Hal ini lantaran jumlah UKM yang sangat banyak tentu harus didukung dengan beebagai upaya dalam hal pemasaran dan permodalan. "Dengan adanya Gedung SMESCO ini saya optimis UKM di seluruh Indonesia mampu berkembang, dan Gedung ini mampu menjadi refrensi bagi wisatawan untuk melihat dan membeli kerajinan Indonesia," paparnya.

Menteri Koperasi dan UKM RI, AA Gede Ngurah Puspayoga mengatakan bahwa saat ini Gedung SMESCO Indonesia merupakan sarana dala  mempromosikan produk unggulan di seluruh Provinsi di Indonesia. Hal ini lantaran Indonesia yang memiliki beragam hasil kerajinan tentu masih banyak yang belum diketahui pasar luas. "Dengan adanya Gedung SMESCO ini diharapkan dapat mempromosikan dan mengenalkan beragam produk Nusantara yang tentunya memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia," ungkapnya.

Sementara, Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara mewakili pimpinan dan Pemerintah Kota Denpasar menyambut baik adanya wadah promosi bagi pengerajin Indonesia. Hal ini menjadi angin segar kepada pengerajin bahwa hasil karya mereka telah memiliki pasar. "Kami di Pemkot Denpasar sangat menyambut baik adanya wadah promosi kerajinan  seperti halnya SMESCO ini yang tentunya dapat memberikan motivasi kepada pengerajin untuk terus berinovasi," jelasnya.

Kendati demikian, lanjut Rai Iswara, para pengerajin harus memiliki inovasi baru yang tentunya dapat bersaing di pasar Nasional maupu  Global. Sehingga nantinya tidak kalah saing dengan produk kerajinan lainya. "Walaupun sudah ada wadah dalam promosi, tentunya sebagai pengerajin harus tetap berinovasi dan menciptaka  produk unggulan terbaik, sehingga mampu bersaing di ranah Nasional maupun Internasional," pungkasnya.

Adapun berbagai jenis produk kerajinan asli Bali khususnya Kota Denpasar yang turut dipromosikan di Gedung SMESCO Jakarta yakni Kain Endek, Kain Songket, Kerajinan Perak, Patung, dan masih banyak jenis kerajinan lainya. Untukdiketahui bahwa selain memberikan fasilitas untuk memasarkan produk di Gedung SMESCO Indonesia, Pemkot Denpasar juga  turut menyediakan layanan promosi dan penjualan di Rumah Belanja Kota Denpasar. (Ags/r6)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved