-->

Kamis, 05 April 2018

Serangkaian Karya Pujawali Ngusaba Kadasa

Serangkaian Karya Pujawali Ngusaba Kadasa

Bangli,Balikini.Net - Rangkaian Karya Pujawali Ngusaba Kadasa Icaka Warsa 1940 Tahun 2018 di Pura Ulun Danu Batur, Desa Pakraman Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli pada Purnama Kedasa beberapa waktu lalu dilanjutkan dengan Ngaturang Bhakti Penganyar oleh seluruh kabupaten/kota di Bali. Pada Waraspati Kliwon Wuku Ukir, Kamis (5/4), pegawai di lingkungan Pemkot Denpasar tampak mengikuti Bhakti Penganyar di Pura Ulun Danu Batur. Hadir dalam kesempatan tersebut Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara didampingi Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Kerti Rai Iswara serta Pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar.

Bhakti penganyar Pemkot Denpasar dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Mas dan Ida Pedanda Istri Kencana dari Griya Gede Mas Timbul Peguyangan, Denpasar Utara. Selain pegawai Pemerintah Kota Denpasar, tampak masyarakat yang berasal dari seluruh Bali turut melaksanakan persembahyangan.

Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara saat diwawancarai usai pelaksanaan Bhakti Penganyar menjelaskan bahwa pelaksanaan nganyarin merupakan wujud bakti dan penghormatan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Disamping itu pula, pelaksanaan bhakti penganyar juga dimaksudkan untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan, keseimbangan alam semesta beserta isinya.

“Bhakti penganyar ini selain merupakan wujud bhakti kepada Ida Sang Hyang Widi juga merupakan ucapan syukur atas terlaksananya program pemerintah dalam upaya mensejahterakan masyarakat sebagai bentuk aktualisasi terhadap Tri Hita Karana yakni Parahyangan,” ungkap Rai Iswara.  

Selain melaksanakan bhakti penganyar, Pemkot Denpasar juga mempersembahkan Tari Rejang Renteng yang di Pimpin Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara. Selain Tari Rejang Renteng Pemkot Denpasar turut mempersembahkan Wewalian Topeng, Pesantian dan Tetabuhan Gong. Serta nanti pada 10 April mendatang, Pemkot Denpasar sedianya turut melaksanakan Bhakti Penganyar di Pura Agung Besakih, Karangasem.

Pengemong Pura Ulun Danu Batur sekaligus Penglingsir Desa Pakraman Batur Jero Gede Batur mengatakan, karya Pujawali Ngusaba Kadasa di Pura Ulun Danu Batur ini sudah dimulai sejak tanggal 25 Maret 2018 yang diawali Nanceb Sunari, Mepengalang, Ngingsah, Netengan, Nyuci, Nunas Tirta, dan Nyengker Dewasa. Puncak Pujawali Ngusaba Kedasa (Ida Bahatari Katuran Pujawali) dilaksanakan bertepatan dengan Purnama Kedasa pada Saniscara Kliwon Wuku Landep 31 Maret lalu. Selanjutnya dari tanggal 31 Maret sampai 12 April akan dilaksanakan Bhakti Penganyar oleh setiap Kabupaten/Kota di Bali. 

Kemudian, pada 13 April mendatang, akan digelar upacara bhakti penyineb Ida Bhatari yang diisi dengan bhakti pepranian, Baris Perang-perangan, Metiti Suara, Nuek Bagia Pula Kerti, Pralina Sampian, Bhakti Petetingkeb, Mendem Bagia Pula Kerti, dan Ida Bhatari Ngeluhur/Mesineb. Dengan digelarnya pujawali ini pihaknya berharap masyarakat Desa Pakraman Batur khususnya dan seluruh umat hindu diberikan keselamatan dan kesejahteraan. (hum/r5)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved