-->

Selasa, 03 Juli 2018

Parada Ngelawang

Parada Ngelawang

Bangli,Balikini.Net-- Guna melestarikan seni dan budaya peninggalan leluhur dan meningkatkan kualitas generasi penerus agar tetap lestari Desa Adat Pakraman Sala.Desa Abuan,Kecamatan Susut, Bangli digelar Parada Barong Ngelawang dijaba Pura Petirtaan Taman Pecampuhan Minggu(01/07/2018). Bendesa Pakraman Sala I Ketut Kayana saat ditemui disela-sela acara opera barong ngelawang menjelaskan,Pura Petirtaan Taman Pecampuhan merupakan Pura kuno peninggalan leluhur Banjar Adat Sala. Keberadaan Pura sendiri awalnya berada di bagian bawah, namun karena seringnya terkena longsor dari tebing disekitar akhirnya dilakukan pemugaran dan renopasi sehingga keberadaanya seperti saat ini. Pura Petirtaan ini dikelola oleh masyarakat Desa Adat Sala yang mana merupakan tempat pesucian para Dewa dan sekaligus merupakan tempat pemelastian bagi masyarakat Sala dan sekitarnya”jelasnya..

Lebih lanjut disampaikan, tujuan dilaksanakan parada barong ngelawang untuk melestarikan seni dan budaya, Desa Pakraman Sala, Desa Abuan, Kecamatan Susut, Bangli Parada ngelawang ini mendapatkan sambutan yang antosias dari masyarakat setempat.Parada ngelawang yang digelar pihaknya merupakan upaya untuk lebih memperkanalkan (mempromosikan) Pura Petirtaan Taman Pecampuhan ke halayak banyak.Dengan dilaksanakan even-even budaya seperti ini tentunya yang memiliki barong-barongan diluar Banjar Adat Sala  bahkan diluar Bangli pasti akan dating berserta sanak keluarganya.  Selain itu, acara tersebut juga dipakai ajang untuk mempererat silaturahmi krama sekaha teruna-teruni sehabis Galungan, khusunya menjelang rerainan pegatwakan sebelumnya ada tradisi megobak-gobagan juga dilaksanakan ditempat ini saat Galungan“Kegiatan ini juga bermaksud untuk melestarikan adat dan budaya yang ada di Banjar Sala,”ujarnya.

Lanjut dipaparkan, untuk tahap awal karena persiapannya sangat mendadak, maka pihaknya baru bisa melaksanakan parada dengan peserta sekahan bebarongan yang ada di Banjar Sala saja.  Dimana, kali ini diikuti oleh empat sekahan baik dewasa maupun anak-anak. “Kita akan adakan evaluasi, kalau hasilnya bagus, maka parade ini akan kembali kita laksanakan enam bulan ke depan setiap Redite Paang. Kita akan mengundang peserta luar Desa Pakraman Sala untuk ikut dalam parade ini,”ungkapnya.[ag/r6]


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved