-->

Sabtu, 07 Juli 2018

Pujawali di Pura Batu Medawu Nusa Penida, Pemkab Klungkung Muspayang Penganyar

Pujawali di Pura Batu Medawu Nusa Penida, Pemkab Klungkung Muspayang Penganyar

Ket. Foto : bakti penganyar dan penyerahan punia oleh camat nusa penida
Klungkung,Balikini.Net - Serangkaian Pujawali di Pura Sad Kahyangan Batu Medawu, Kecamatan Nusa Penida, Rabu (4/7/2018), Pemerintah Kabupaten Klungkung menghaturkan bakti penganyar. Bakti penganyar yang dihadiri segenap jajaran pegawai Pemkab Klungkung ini dilaksanakan Jumat (6/7/2018).

Persembahyangan bersama yang dipuput Pemangku pura berlangsung hikmad. Selain rombongan Pemkab, persembahyangan penganyar ini juga diramaikan oleh pemedek umat sedharma se-Nusa Penida.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setda Kabupaten Klungkung I Wayan Winata menyampaikan, penganyar di Pura Sad Kahyangan Batu Medawu rutin dilaksanakan oleh Pemkab Klungkung. Penganyar ini merupakan wujud srada bakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Ida Bhatara yang berstana di Pura ini. “Melalui bakti penganyar ini kita memohon kerahayuan jagat dan tuntunan dalam mengisi pembangunan,” ujar Winata.

Panitia Pujawali, Putu Sujana menyampaikan, pujawali di Pura Sad Kahyangan Batu Medawu dilaksanakan setiap enam bulan sekali bertepatan dengan Rahina Buda Kliwon Pahang. Selain Pujawali yang rutin dilaksanakan setiap enam bulan, sebagai wujud syukur dan srada bakti kehadapan Ida Bhatara, juga dilaksanakan Upacara Ngusaba Agung Jagat Nusa Penida, para Purnama Sasih Kapat yang pelaksanaannya digelar bergiliran di Pura Dalem Ped dan Batu Medawu. “Untuk tahun ini Upacara tersebut dilaksanakan di Pura Batu Medawu pada bulan September nanti,” ujar Sujana.

Disebutkan, Pura Sad Kahyangan Batu Medawu diempaon enam Desa, diantaranya Desa Suana, Batu Nunggul, Pejukutan, Tanglad, Sekar Taji dan Desa Kutampi Atas. “Pengempon pura ini sekitar 2.500 kepala keluarga,” sebutnya. (nom/r4)




Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved