-->

Jumat, 14 September 2018

Bupati Suwirta Sebagai Narasumber Major Meeting APACT 12TH di Nusa Dua Bali.

Bupati Suwirta Sebagai Narasumber Major Meeting APACT 12TH di Nusa Dua Bali.

Klungkung,Balikini.Net - Berkat komitmennya dalam menegakkan Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok serta melarang pemasangan iklan rokok, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta akhirnya didaulat mengisi materi pada event The 12‘" Asia Pacific Conference on Tobacco or Health (APACT 12th), Kamis (13/9) di Paruman Meeting Room Hotel Hilton Bali Resort, Nusa Dua. Dalam forum major meeting yang dihadiri oleh sejumlah perwakilan Bupati dan walikota dari Indonesia dan sejumlah negara asia ini, Bupati Suwirta memaparkan sejumlah kebijakannya untuk mengatur  para perokok serta kendala yang dihadapinya.

Dalam paparannya Bupati Suwirta mengatakan salah satu kunci sukses penegakan Perda KTR adalah dukungan dan penerapan oleh berbagai unsur mulai dari pemangku kebijakan, pengelola serta para tokoh dari masing-masing wilayah. Meskipun telah diatur Perda namun dengan pola panutan diharapkan lebih  paten dalam menguatkan pemahaman tentang bahaya rokok. 

“Semua sepakat bahwa merokok akan membahayakan perokok dan orang disekitarnya yang tidak merokok. Maka atas kesepakatn itu maka diterapkan Perda No. 1 tahun 2014 dan Perbup tentang Kawasan Tanpa Rokok dan pelarangan pemasangan iklan rokok dalam bentuk apapun.” Ujar Bupati Suwirta dihadapan forum.  Ditambahkan pula saat ini sedang gencar sosialisasi larangan menyajikan rokok saat upacara upacara adat di seluruh wilayah Klungkung. Nantinya diharapkan akan dikuatkan melalui perarem. Selain itu kedepannya akan dibuatkan aturan tentang penjualan rokok, dimana produk rokok tidak boleh dipajang paling didepan, namun harus sedikit tersembunyi sehingga diharapkan dapat mengurangi jumlah perokok pemula.

Atas komitmennya ini, Bupati Nyoman Suwirta sebelumnya telah dua kali diundang diacara serupa di Negara Singapura. Selain itu Klungkung menjadi satu dari 10 daerah di Indonesia yang meraih penghargaan nasional dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia  berkat menerapkan kebijakan/peraturan dan implementasi tentang larangan iklan rokok luar gedung.

Bupati Suwirta berharap tidak hanya Kabupaten Klungkung di Bali yang memiliki komitmen seperti ini, namun diseluruh daerah di Bali, Indonesia dan bahkan diseluruh negara Asia. Selain Bupati Suwirta, terdapat pula Walikota Bogor, Bima Arya serta seorang pengusaha Indonesia yang dikenal sebagai salah seorang pendiri dan pemilik Medco Group yang juga selaku aktivis pengendalian tembakau di Indonesia, Arifin Panigoro.

Acara The 12‘" Asia Pacific Conference on Tobacco or Health (APACT 12th) ini nantinya akan digelar selama tiga hari mulai dari tanggal 13 s/d 15 September 2018. Dibuka oleh Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek kegiatan ini diikuti sekitar 900 peserta yang berasal dari 30 negara.[jim/r5]  

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved