-->

Senin, 15 Oktober 2018

Bali dan Afrika Selatan Jajaki Kerjasama

Bali dan Afrika Selatan Jajaki Kerjasama

Renon ,balikini.net - Gubernur Bali Wayan Koster beserta Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menerima kunjungan delegasi Afrika Selatan yang dipimpin oleh Menteri Keuangan Kabinet Provinsi Western Cape, Afrika Selatan, Dr. Ivan Meyer di ruang Praja Sabha, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Senin (15/10). Dalam pertemuan itu, Gubernur Koster sangat mengapresiasi kehadiran rombongan ke kantor Gubernur Bali. Melalui pertemuan itu, Ia berharap terjalin kerjasama antara Pemerintah Indonesia khususnya Pemprov Bali dengan Pemerintah Afrika Selatan khususnya Provinsi Western Cape. “Ada beberapa peluang kerjasama yang bisa kita kembangkan, seperti bidang pariwisata, perdagangan, pertanian, kesehatan dan pendidikan,” ujarnya dalam pertemuan yang juga dihadiri Sekda Prov. Bali I Dewa Made Indra, beserta sejumlah OPD di lingkungan Pemprov Bali.

Lebih lanjut, Koster mengatakan jika sampai saat ini kunjungan wisatawan dari Afrika Selatan ke Bali masih relative kecil, sehingga melalui pola kerjasama ini Ia berharap kunjungan wisatawan bisa lebih ditingkatkan. Selain itu, Koster juga menjelaskan tentang potensi Bali. Menurutnya selain pertanian dan kebudayaan, Bali juga memiliki masyarakat yang sangat kreatif sehingga bisa menghasilkan produk-produk kesenian berkelas dan dinikmati oleh masyarakat dunia. Melalui pertemuan ini, Ia berharap Menteri Keuangan bisa membuka pintu kerjasama agar barang-barang kerajinan Bali bisa menembus pasar Afrika Selatan. Bidang lain yang dikebut Pmprov Bali saat ini adalah pembangunan dan pengembangan infrastruktur. Sehingga orang nomor satu di Bali ini berharap ke depan bisa terjalin kerjasama untuk melancarkan program tersebut. Tak lupa Ia mengajak para delegasi untuk menghabiskan waktunya di Bali setelah masa-masa rapat tahunan IMF- World Bank yang melelahkan minggu lalu.

Sementara itu Menteri Keuangna Ivan Meyer menyatakan apresiasi terbesarnya atas kesuksesan Indonesia terutama Bali sebagai tuan rumah even bergengsi IMF- World Bank 2018. Menurutnya ini tentu saja bukanlah pekerjaan mudah, namun karena kekuatan Indonesia semua dilalui dengan sangat baik. Lebih lanjut, Ia mengatakan tujuannya ke Denpasar adalah untuk menjajaki kesempatan kerjasama dan mempererat hubungan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kota Denpasar. Adapun kerjasama yang akn dibangun adalah di bidang promosi perdagangan, investasi, pariwisata serta pertanian. Ke depan Ia juga mengatakan ingin mengadakan pertemuan antara pelaku bisnis antar kedua Negara, sehingga terjalin kerjasama yang lebih intens lagi di bidang bisnis.

Secara khusus, Ia juga mengatakan memimpin delegasi kota Mossel Bay sehubungan dengan rencana kerja sama dan penandatanganan Letter of Intent (Lol) sister city antara kota Denpasar dan kota Mossel Bay. Ia juga mengatakan, bahwa Bali sangat terkenal di antara warga Afrika Selatan. “Jika membicarakan tentang pariwisata, yang ada di benak, masyarakat kami adalah Bali dan Thailand,”tandasnya.[pr/r3]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved