Bupati Mas Sumatri Buka Acara TMMD ke 103 Tahun 2018 - Bali Kini

Bali Kini

Bali Kini, Portal Berita Bali

Breaking News

Selasa, 16 Oktober 2018

Bupati Mas Sumatri Buka Acara TMMD ke 103 Tahun 2018

Karangasem,Balikini.net - Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri membuka acara TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 tahun 2018, di Dusun Guminten Desa Sidemen,  Kecamatan Sidemen. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Mas Sumatri usai bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam apel pembukaan. Turut hadir dalam upacara tersebut Sekda Kab. Karangasem I Gede Adnya Mulyadi, Wakil DPRD Provinsi Bali I Nyoman Suyasa dan Ketua DPRD I Nengah Sumardi, Dandrem Am Suaharyadi, Dandim 1623 , Kapolres dan para kepala OPD di Lingkungan Pemkab Karangasem. 


Gubernur Bali Wayan Koster dalam sambutan yang dibacakan Bupati Mas Sumatri mengatakan, TNI Manunggal Membangun Desa, dilaksanakan dalam upaya pemberdayaan masyarakat, sekaligus membangun keswadayaan dan partisipasi masyarakat dalam mendukung proses Pembangunan. Keterlibatan TNI dalam pembangunan di Desa pada hakikatnya merupakan bentuk nyata bahwa kemanunggalan TNI dengan masyarakat harus tetap terpelihara dengan baik dalam mengakselerasi proses pembangunan di desa, sebagaimana yang menjadi amanat butir ke-3 dari NAWACITA, yaitu Membangun Indonesia dari Pinggiran atau dari Desa. 


Perubahan mendasar dalam sikap dan mental yang lebih dikenal dengan istilah Revolusi Mental yang diikrarkan pada tahun 2015 merupakan suatu gerakan secara menyeluruh dan harus dimaknai sebagai suatu gerakan fundamental baik dari cara pandang, cara pikir, dan cara kerja segenap elemen bangsa yaitu tataran pemerintah. TNI sebagai wahana keamanan dan ketertiban bangsa serta 

seluruh lapisan masyarakat, yang dituangkan dalam 3 (tiga) pilar revolusi mental yaitu integritas, etos kerja dan gotong royong. Integritas harus dimaknai sebagai sebuah gerakan yang mengedepankan pada aspek kejujuran, dapat dipercaya, memiliki karakter positip dan bertanggungjawab. Sedangkan etos kerja harus tercermin dari sikap masyarakat yang kerja keras, kerja cerdas, kerja berkualitas, kerja tulus iklas dan tuntas. Sedangkan untuk gotong royong digambarkan sebagai sebuah aktivitas yang mengedepankan kerjasama, solidaritas antar sesama, berorientasi pada kepentingan orang banyak. Namun yang paling penting dari semua itu adalah, revolusi mental harus terinternalisasi di dalam jiwa masyarakat baik di perkotaan maupun di perdesaan. 


"Melalui moment seperti inilah Saya menaruh harapan besar, untuk dapat memotivasi dan memperkuat upaya kita dalam memberdayakan masyarakat sebagai pelaku atau subyek pembangunan dengan semangat dan jiwa baru yang berintegritas, beretos kerja dan memiliki gotong royong tinggi, yang pada akhirnya akan mempercepat jalannya penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan 

nasional, khususnya di Kabupaten Karangasem yang kita banggakan," lanjut Mas Sumatri.


Dandim 1623 Karangasem Benny Rahadian menyampaikan berdasarkan surat perintah komandan Korem 1623 Wira Satya nomor sprin/ 1350 l x / 2018 tanggal 9 oktober 2018 tentang perintah untuk melaksanakan operasi kegiatan Tnianunggal Membangun Desa (TMMD)  ke 103 Th 2018 di Dusun Guminten Desa Sidemen Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem selama 30 hari terhitung mulai tanggal 15 oktober s.d 13 nopember 2018. 

 Selanjutnya, dilaksanakan kegiatan fisik di Dusun Guminten Desa Sidemen Kecamatan Sidemen berupa pembangunan ruas jalan sepanjang 3.000 m dengan lebar 7 m. Pelaksanaan kegiatan non fisik dilaksanakan di dusun Guminten desa Sidemen kecamatan Sidemen berupa penyuluhan/ceramah, lomba dan hiburan. Rangkaian kegiatan diantaranya, Ceramah wasbang dari kodim 1623/karangasem.  Penyuluhan bidang peternakan dari dinas peternakan kab. Karangasem. Penyuluhan ketenagakerjaan dari disnaker kab. Karangasem. Penyuluhan hukum & kdrt dari kejari kab. Karangasem. Ceramah kamtibmas/narkoba dari polres karangasem.Penyuluhan kb-kesehatan dari dinas bpkb kab. Karangasem. Penyuluhan tentang bahaya perambahan hutan dari dinas kehutanan kab. Karangasem. Ceramah agama, Penyuluhan pertanian dari dinas pertanian kab. Karangasem. Olah raga bersama. Lomba mekidung oleh anak sekolah sd. Lomba baca puisi oleh anak sekolah sd.  Berbagai melukis oleh anak sekolah sd. Ceramah bela negara dari kodim 1623/karangasem. Ceramah 4 (empat) konsensus dasar dari kodim 1623/karangasem. Pemutaran film perjuangan dari diskominfo kab. Karangasem dan Hiburan rakyat. 



Benny Rahadian menambahkan, Personel yang dilibatkan, tenaga tetap lapangan 1 ssk gabungan dari tni, polri dan pemda berjumlah 150 orang. Tenaga pendukung kegiatan fisik dari masyarakat desa sidemen kecamatan sidemen sebanyak 120 orang per hari. Tenaga pendukung tidak tetap dari pemda, ormas siswa dan komponen masyarakat. Untuk dukungan anggaran dari pengendali kegiatan operasi (pko) untuk operasional TMMD ke-103 Th 2018 sebesar Rp. 365000.000.Dukungan anggaran untuk pengadaan material berasal dari apbd kabupaten karangasem sebesar Rp. 1.700.000.000.Dengan perincian 1.650.000.000,untuk kegiatan fisik 50.ooo.ooo,untuk kegiatan non fisik dan administrasi.[rls/r3]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net