-->

Kamis, 04 Oktober 2018

Dewan Sebut Raperda Kesejahteraan Lansia Sudah Baik

Dewan Sebut Raperda Kesejahteraan Lansia Sudah Baik

Denpasar-Balikini.net-Raperda Tentang Kesejahteraan Lansia dianggap sudah sangat baik oleh Pansus. Pasalnya, Pansus telah berkonsultasi dengan Kementrian terkait untuk melakukan perbaikan. "Perlu kami laporkan bahwa setelah melalui perbaikan teknis penyusunan Ranperda dan dikonsultasikan ke Direktorat Produk Hukum Daerah, Ditjen Otda, Kementerian Dalam Negeri, disebutkan bahwa Ranperda imi sudah baik, dari segi substansi dan legal draftingnya," ujar Wakil Ketua Pansus Raperda Tentang Kesejahteraan Lansia Komang Nova Sewi Putra saat Sidang Paripurna, Rabu (03/10/2018).

Salah satu pembahasan dalam Raperda Tentang Kesejahteraan Lansia yang telah disepakati oleh DPRD Bali dan Gubernur yakni keberdaan Panti Tresna Wredha. Panti Tresna Wredha merupakan Panti sosial yang khusus memberikan bimbingan dan pelayanan bagi lanjut usia (Lansia) terlantar agar dapat hidup secara wajar dalam kehidupan bermasyarakat. "Dalam konteks itu maka dalam konsep Perda ini mendorong terbentuknya Graha Wredha, sebagai konsep menyama beraya dan Trihita Karana bagai kesejahteraan Lansia," jelasnya. 

Termasuk juga dengan kesehatan para lansia. Harus perlu didorong dengan konsep dan tindaklanjutnya.  "Kami sepakat serta mendorong pengembangan kegiatan kesehatan melalui Puskesmas, Santun Lansia dan Rumah Sakit Geriatri (khusus melayani pasien lansia)," ujar Nova. 

Beberapa hal yang perlu dilakukan sesuai dengan konsep Raperda antara lain, Pertama, penyuluhan dan penyebarluasan informasi kesehatan Lansia melalui pertemuan langsung, media cetak, elektronik, audio visual dan media informasi lainnya. Kedua, upaya pelayanan kesehatan baik kuratif maupun preventif  diperluas pada bidang pelayanan di fasilitas kesehatan tingkat pertama dan fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut.

Ketiga, optimalisasi pelayanan lembaga perawatan bagi Lansia penderita kronis, penurunan kognitif dan/atau penyakit terminal, pelayanan medis maupun pelayanan jaminan kesehatan. Terakhir yakni dengan pengembangan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) lansia, Karanf Wredha, Graha Werdha dan Puskesmas Santun Lansia. Dp/r2

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved