-->

Jumat, 23 November 2018

Bupati Suwirta Motivasi Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Klungkung

Bupati Suwirta Motivasi Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Klungkung

Klungkung,Balikini.Net - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang membahas tentang , Desiminasi Inovasi dan Teknologi Bidang Pertanian Secara Luas Menuju Klungkung Unggul dan Sejahtera. Kegiatan ini dilaksnakan di Resto Wisata Kali Unda, Kabupaten KLungkung, Jumat (23/11/2018). Diskusi yang berlangsung sekitar 1 jam tersebut menghadirkan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung Ida Bagus Juanida, dan melibatkan penyuluh  pertanian se-Kabupaten Klungkung.

Dalam diskusi tersebut, Bupati Suwirta  sempat memberikan motivasi kepada para penyuluh pertanian  dan menggenjot mereka untuk terus berinovasi. Suwirta juga meminta para penyuluh pertanian untuk keluar dari zona nyaman, dan bekerja tidak  sebatas meningkatkan produksi.

“ Penyuluh pertanian bila perlu membuat kantor di Subak. Jangan sekedar turun dan melapor tapi harus ada inovasi yang diimplementasikan, ada output dan outcame,” tegas Bupati Suwirta di hadapan penyuluh pertanian se-Kabupaten Klungkung

Dalam menjalankan setiap inovasi, diharapkan juga muncul multiplayear effect yang memberi  imbas tidak hanya pada petani tapi juga kepada masyarakat di  sektor lainnya. Inovasi itupun  tidak  boleh berhenti pada satu titik, tapi harus berkelanjutan.

“Jangan petani saja yang sejahtera, tapi berpengaruh kapada semua sektor. Bisa pariwisata dan sebagainya. Itulah yang disebut dengan inovasi. Misal sekarang kita punya inovasi Bima Juara di bidang Pertanian, itu harus berkembang dan berpengaruh kepada kesejahteraan masyarakat secara umum, tidak hanya petani” ungkapnya

Dalam kesempatan itu, Suwirta juga sempat menyinggung mengenai Nusa Penida yang dijadikan pusat pembibitan sapi Bali, namun hingga saat ini belum ada tindak lanjut secara nyata dan berkelanjutan terkait predikat tersebut.

“Apa yang sudah dilakukan dengan SK Nusa Penida sebagai wilayah sumber pembibtan sapi Bali? Apakah sudah ada sapi yang bersertifikasi?,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Klungkung Ketut Kusmayadi mengatakan tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk  memberikan pemahaman lebih agar seluruh penyuluh pertanian bisa berinovasi yang baik dibidang pertanian. “Semoga dengan adanya kegiatan ini untuk kedepannya para penyuluh pertanian se-Kabupaten Klungkung bisa terus berinovasi untuk mengembangkan berbagai bidang sektor pertanian dengan sebaik-baiknya,” harapnya. (puspa/r4). 



Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved