-->

Selasa, 13 November 2018

Karya Rsi Yadnya Padiksan

Karya Rsi Yadnya Padiksan


Karya Rsi Yadnya Padiksan
Ida Bagus Gede Ardana

Badung,Balikini.Net - IDA Bagus Gede Ardana panglingsir Griya Batubulan , Sibangkaja, Badung kini telah didiksa. Upacara padiksan yang sudah berlangsung sejak 24 September itu disambut antusia karma Sibangkaja.
Karya resi yadnya ini diawal dengan upacara mapakeling di Merajan Groya setempat diikuti oleh keluarga griya. Dalam kesempatan itu, Ida Bagus Gede Ardana yang bakal didiksa menjadi sulinggih didampingi istrinya, Ida Ayu Alit Suryani dan Ida Ayu Nyoman Sri Artini melakukan persembahyangan bersama. Upacara ini dimaksudkan untuk memberitahukan kepada para leluhur dari griya bahwa ada salah satu keluarga griya bakal melakukan upacara padiksan yakni menjadi seorang sulinggih.
Setelah itu upacara dilanjutkan dengan nancep surya ageng, nancep sanggah guru.
Ditunjuk sebagai nabe atau guru oleh Ida Bagus Gede Ardana adalah Ida Pedanda Gede Diksa Singarsa dari Griya Gede Mayun Manuaba, Tabanan.
Sang guru nabe inilah yang melaksanakan padiksa atau menobatkan Ida Bagus Gede Ardana sebagai seorang sulinggi, pada tanggal 7 November 2018 disaksikan uusan dari PHDI Badung dan mastyarakat Dibanggede dan karma pasemetonan gray Batulumbang.[wen/r5]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved