-->

Senin, 21 Januari 2019

6 Siswa SMP PGRI 3 Denpasar Ikuti Kompetensi Penelitian di Bangkok Thailand

6 Siswa SMP PGRI 3 Denpasar Ikuti Kompetensi Penelitian di Bangkok Thailand

Denpasar,Balikini.Net - Pemerintah Kota Denpasar kembali berbangga, Enam siswa SMP PGRI 3 Denpasar akan mengikuti Kompetensi (lomba) Penelitian dalam ajang Thailand Inventors Day 2019 di Bangkok Thailand pada tanggal Januari hingga 8 Februari 2019 mendatang. Berdasarkan hal itu, Kepala Sekolah SMP PGRI 3 Denpasar Made Suada bersama Ketua Yayasan PGRI Denpasar I Nengah Madiadnyana bersama siswa-siswa yang akan kompetensi memohon dan restu dengan Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra Senin (21/1)di Kantor Walikota Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Sekolah SMP PGRI 3 Denpasar Made Suada didampingi guru pembina Made Chandra Widayanti mengatakan, 6 siswa-siswa SMP PGRI 3 Denpasar dalam kompetensi ini terdiri dari dua kelompok. Untuk bisa berkompetansi dua tim siswa SMP PGRI 3 Denpasar sebelumnya telah mengirim makalah penelitian ke pihak penyelenggara yakni pihak INNOPA (Indonesian Invention and Innovation Promotion Association).

“Dalam seleksi itu tim kami dua duanya lolos untuk mengikuti pameran dan lomba disana, ini sangat luar biasa meskipun baru pertama kali mengikuti kompetensi internasional siswa kami telah berhasil lolos di tahap awal,’’ ujarnya. Lebih lanjut disampaikan Hal itu bisa dilakukan karena produk hasil penelitian, SMP PGRI 3 Denpasar melakukan penelitian terkait dengan Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Tiram sebagai Bio Pipa, dan Pemanfaatan Kombinasi Limbah Cangkang Telur dan Jerami Padi Sebagai Bio Plafon. Dua penelitian terkait dari bahan mentah, hasilnya hingga produk jadinya di pamerkan disana.

Selain sangat ramah lingkungan, penelitian ini juga mampu menjadikan bahan bekas seperti kulit telur yang awalnya tidak bermanfaat mampu memiliki nilai guna dan bermanfaat.  Bahkan penelitian ini telah diuji coba Teknik Mesin Universitas Udayana  mulai dari tahan bebannya, daya asam, daya penyerapan air, hingga pengembangan. ‘’Semua itu telah dilakukan penelitian dan diuji juga dan telah lulus uji’’ tegasnya.

Persiapan yang dilakukan untuk mengikuti kompetensi ini mulai dari pengumuman 25 Nopember lalu langsung melakukan persiapan lewat membuat poster hingga  belajar presentasi mengunakan Bahasa Inggris hingga mempersiapkan barang-barang yang dibawakan untuk dipamerkan. Pihaknya berharap bisa menampilkan yang terbaik memperoleh hasil yang terbaik demi mengharumkan nama sekolah SMP PGRI 3 Denpasar dan Pemerintah Kota Denpasar tentunya.

Sementara itu, Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra sangat mengapresiasi SMP PGRI 3 Denpasar. Menurutnya siswa-siswa SMP PGRI 3 Denpasar telah mampu membuktikan kemampuannya bersaing di tingkat internasional.  Dengan mengikuti kompetensi penelitian di tingkat internasional ini, diharapkan mampu memberikan motivasi ke sekolah lainnya. “Ini adalah terobosan luar biasa dari SMP PGRI 3 Denpasar, terlebih karyanya mampu bermanfaat, sehingga anak-anak lainnya dapat termotivasi dan semakin menunjukan karya dengan kreatiftas,” terangnya.

Selain itu Rai Mantra mengaku siswa ini akan mampu meningkatkan passind grade SMP PGRI 3 Denpasar akan tinggi. ‘’Semoga dalam kompetensi ini para siswa mampu memberikan hasil yang terbaik,’’ harapnya.

Sementara itu, salah satu siswa yang mengikuti kompetensi  Luh Putu Susila Adnyani mengaku senang bisa mengikuti kompetensi ini dan akan berusaha mempersembahkan yang terbaik. “Saya berterima kasih kepada pihak sekolah yang sudah membina dan tentunya Walikota Denpasar yang sangat memberikan dukungan untuk kami, semoga kami bisa memberikan hasil terbaik,” ungkapnya. (Ayu/rls/r6)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved