-->

Senin, 21 Januari 2019

Bupati Suwirta Melakukan Monitoring ke Gedung Sekretariat Bersama

Bupati Suwirta Melakukan Monitoring ke Gedung Sekretariat Bersama

Klungkung,Balikini.Net - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengadakan monitoring ke Gedung Sekretariat Bersama Kabupaten Klungkung pada Senin, 21/1/2018 siang.

Pada saat Bupati Suwirta mengunjungi salah satu ruang gedung, yakni Ruang Sekretariat Penyandang Disabilitas dan ruang terapi tuna netra dan sekaa Guntangan yang terdapat di gedung Tersebut. Disana Bupati Suwirta Bertemu dengan Siti Mudawati,  salah satu disabilitas penderita Tuna Wicara yang sedang menyulam benang untuk dijadikan kerajinan tangan. Siti Mudawati menyampaikan kesulitan yang dialaminya, diantaranya kesulitan mendapatkan bahan baku salah satunya benang wol yang digunakan sebagai bahan dasar kerajinan tangannya.  bahan tersebut hanya terdapat di Jakarta, dan apabila ingin membelinya harus menggunakan jasa pengiriman barang dan harganya pun jatuhnya mahal, ujarnya melalui kertas yang ditulis tangan dirinya ketika berkomunikasi dengan Bupati Suwirta.

Ketika mengetahui hal tersebut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan akan melakukan instansi terkait untuk menyediakan bahan dasar yang diperlukan para disabilitas untuk membuat kerajinan tangan. Kedepan Bupati Suwirta akan mempersiapkan ruangan khusus untuk membuat kerajinan tangan dan akan menyediakan satu kios di Pasar Seni Semarapura untuk para Penyandang Disabilitas agar dapat lebih memudahkan para penyandang disabilitas untuk memasarkan produk kerajinan mereka.

Monitoring dilanjutkan ke  ruang Organisasi PHDI, pada ruangan tersebut Bupati Suwirta menginstruksikan kepada pengurus PHDI untuk mengatur kegiatan Ngelawang yang dilakukan oleh anak anak  dimana sekarang kesannya seperti meminta-minta bukannya melarang tapi mendidik mereka agar tidak melakukan kegiatan Ngelawang di pinggir Perempatan jalan, dimana barong ditaruh kemudian anggota ngelawang mendatangi pengguna jalan meminta dana pertunjukan ketika lampu merah menyala. "bukannya melestarikan budaya, malah kesannya meminta minta", ujar Bupati Suwirta. Selain itu terkait masalah kepengurusan organisasi apapun bentuknya dirinya mengingatkan agar jangan sampai  ada  yang berpolitik didalamnya  dan jangan sampai ada kepengurusan  yang diturunkan ke keluarga. dan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta juga menginstruksikan agar Pengurus PHDI segera mendata Kapan dilaksanakannya Upcara Ngaben Massal akan diadkaan di Semua Desa pekraman di Kabupaten Klungkung, agar Kedepannya pada tahun 2020 Kegiatan Ngaben Massal bisa dilaksanakan secara serentak Perkecamatan di Kabupaten Klungkung.

Kegiatan monitoring diakhiri dengan memonitoring Command Center yang ada di lantai II Gedung Sekretariat Bersama Pemerintah Kabupaten Klungkung, dalam kunjungannya, Bupati Suwirta menyampaikan kedepan Ruang Command Center, tidak hanya sebatas CCTV Online Saja. Bupati Klungkung mengharapkan Masyarakat Klungkung dapat menggunakan aplikasi Klungkung Mesadu, karena respon dari permasalahan akan dapat dilaksanakan dengan lebih cepat ketimbang melalui media sosial dan tidak ada kesan membully, dan untuk memprovokasi siapapun, (cok/r5) 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved