-->

Selasa, 08 Januari 2019

MAS SUMATRI BUKA PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN KERJA (PKK) PANSOPHIA SINGARAJA

MAS SUMATRI BUKA PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN KERJA (PKK) PANSOPHIA SINGARAJA

Karangasem ,Balikini.net -  Dalam rangka pembenahan sektor pendidikan Pasca Erupsi Gunung Agung tahun 2017 di Kabupaten Karangasem, Kemendikbud melalui Pansophia Singaraja memberikan bantuan Kepada Pemerintah Kabupaten Karangasem.

PPLH Pansophia Singaraja adalah salah satu pihak yang berkomitmen memberikan perhatian kepada upaya penanganan dimaksud. Senin, 7/1/2019 di Wantilan Kantor Bupati Karangasem, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri membuka secara resmi Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) Perhotelan Bantuan Pemerintah Tahun 2018 PPLP Pansophia Singaraja.

Penyelenggaraan pendidikan dan pelatiahan gratis di bidang perhotelan oleh PPLH Pansophia kepada 100 orang generasi muda lulusan SMA,SMK,MA,MAK dan Paket C yang terindikasi kurang beruntung secara finansial.

Laporan Direktur PPLP Singaraja Prof.Dr. I Made Yudana M.pd, mengatakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) berlabel formal “Pendidikan Kecakapan Kerja” ini, sesungguhnya merupakan bantuan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik lndonesia Tahun 2018 yang disalurkan melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan Ditjen PNF-DIKMAS Kemdikbud Rl.

Made Yudana menyatakan, turunnya bantuan pemerintah ini sesunggulmya merupakan perjuangan panjang karena pihaknya telah melakukan usulan sejak Maret 2018 ketika saudara-saudara kita di Kabupaten paling Timur di Pulau Bali ini terkena dampak erupsi Gunung Agung yang menunjukkan aktivitas vulkaniknya sejak pertengahan September 2017.

"Kata “NGAYAH” sengaja kami pilih, karena apa yang kami lakukan benar-benar panggilan nurani terdalam kami untuk berbagi dengan saudara-saudara kami yang tertimpa dampak erupsi Gunung Agung,"Ucap Direktur Pansophia.

"Mudah mudahan program ini bisa kami lakukan dengan akuntabel dan sebaik baiknya,"imbuhnya

Purwanto, S.Ip,,M.Si (Kasi Sarana . Ditjen PAUD Dikmas Kemendikbud Republik Indonesia) dalam pengarahannya mengatakan, saya merasa ilteristimewa karena bapak ibuk sudah menerima kami pada kesempatan ini, Tahun 2019 mungkin program program pusat bisa di sinergikan di pemerintah daerah.

Purwanto juga mengatakan, Kami diberi amanah untuk menjalanankan program yang bersipat nasional, salah satunya program PKK, ada 73 jenis keterampilan dalam program pkk salah satunya program perhotelan yang dilaksanakan pansophia, 

"Salah satunya yang melatar belakangi program pkk ini juga adalah masih banyaknya saudara kita yang menganggur. Ini adalah program solusi yang kami tawarkan adalah program PKK,"ucapnya

Purwantu lanjut mengatakan, Yang kita proritaskan adalah warga kita yang terkena bencana. Kami memberikan kepercayaan kepada pansophia karena beliau adalah yang paling tepat menjalankan program ini dan kata pak made yudana, ibu bupati karangasem berkenan menyalurkan lulusan ini ke perhotelan atau ke dunia kerja.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dalam sambutannya mengatakan, kabupaten karangasem dikenal dengan daerah kering. Karangasem berada di ujung timur pulau bali makanya disebut karangasem huluning bali, karangasem memiliki gunung agung dan tanah suci umat hindu atau pura besakih, 

Kabupaten karangasem memiliki banyak potensi yang bisa diandalkan, seperti populasi sapi terbanyak di Bali. Karangasem memiliki misi yaitu membuat karangasem cerdas bersih dan bermartabat berlandaskan tri hita karana.

Mas Sumatri melanjutkan, Saya berterimakasih kepada Prof yudana karna sudah memburu bantuan sampai keluar negri atau ke pusat. "Kedepan sudah ada yang menginisiasi , tidak hanya dari pansophia tapi ada prima kara dengan program kuliah dulu bayar belakangan. Karangasem juga memiliki program desa prener,"Ucap Bipati 

Kami juga di kabupaten Karangasem sudah melakukan MoU dengan desa adat sekabupaten Karangasem, kita dari pemerintah akan membuat desa wisata dalam memajukan potensi.

Bupati Karangasem saat ditanya mengatakan, Program PKK ini sangat luar biasa, kami sangat bangga dan berterimakasi kepada semuanya Prof Yudana, Bapak Purwanto , Bapak Hery, saya berharap kehadiran program ini mampu mencerdaskan masyarakat Kabuten Karangasem, program ini merupakan program yang kita cari dan sekarang datang dengan sendirinya, kami akan fasilitasi apapun kekurangannya dalam melaksakan program ini

Penyematan Name Tag sebagai tanda bukati peserta mengikuti pendidikan dan pelatihan program pendidikan Kecakapan Kerja (PKK), serta pemberian cendramata oleh Bupati Karangasem.

Hadir pula dalam kesempatan tersebuta, , Direktur Pansophia beserta tim manajemen, Bapak/Ibu Anggota Forkopimda Kabupaten Karangasem  Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Karangasem, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karangasem, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem, Kepala BPBD, Kepala Departemen Agama Kabupaten Karangasem, Kepala PHRI Kabupaten Karangasem,  Bapak/Ibu Dosen Pansophia *

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved