Masyarakat Buleleng Harus Siap Dengan Kemajuan Bali Utara - Bali Kini

Bali Kini

Bali Kini, Portal Berita Bali

Breaking News

Jumat, 18 Januari 2019

Masyarakat Buleleng Harus Siap Dengan Kemajuan Bali Utara

DENPASAR,Balikini.Net -Pansus Revisi Perda Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) DPRD Bali kembali meminta masukan dari kepala daerah di Kabupaten/kota. Kali ini giliran Kabupaten Buleleng yang didatangi oleh Pansus untuk dimintai masukan.

Kedatangan Pansus Revisi Perda RTRW DPRD Bali Ketut Kariayasa Adnyana didampingi Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama beserta Anggota Pansus RTRW yang tergabung dari Komisi I dan Komisi III DPRD Provinsi Bali dan didampingi Tim Ahli Pansus Raperda RTRW langsung diterimaoleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana. Selain meminta masukan, Pansus juga mensosialisasikan pembahasan Raperda tentang Perubahan Atas Perda No. 16 Tahun 2009 tentang RTRW Provinsi Bali Tahun 2009-2029. 

Kepada Pansus, Bupati Buleleng mengusulkan agar keberadaan Sutet (Saluran Tegangan Tinggi) dikawasan Buleleng bagian barat bisa ditiadakan serta melakukan pengembangan perekonomian di Pelabuhan Celukan Bawang. Selain itu,Pansus juga mendapat masukan dari PHRI Kabupaten Buleleng terkait pembangunan short cut Denpasar-Buleleng untuk memajukan pariwisata Bali Utara 

Menyikapi hal itu, Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiryatama mengatakan, Buleleng memiliki potensi yang bisa dikembangkan dengan baik. Misalnya saja kawasan perairan Lovina yang sangat kental dengan adanya lumba-lumba. “Jangan dikejar-kejar dengan begitu banyaknya perahu-perahu nelayan yang mengantarkan wisatawan untuk melihat lumba-lumba. Tetapi agar buatkan wadah atau tempat yang bagus dilaut agar wisatawan bisa secara langsung memberi makan lumba-lumba tersebut dan tidak berlomba-lomba untuk mengejar. Termasuk juga untuk membatasi pengunjung karena saking banyaknya perahu-perahu yang berlomba-lomba untuk melihat lumba-lumba,” katanya.

Tak hanya itu saja, dirinya juga menyarakan agar kawasan pengembangan hutan bisa dikelola dengan baik. Apalagi, ada beberapa burung khas Bali Jalak Bali yang ada dikawasan hutan tersebut. Hal ini juga berguna untuk melindungi habitat dari pemburuan. Terakhir, Adi Wiryatama meminta kepada masyarakat Buleleng bisa mempersiapkan diri untuk kemajuan kawasan Bali Utara. Dp/r2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net