-->

Rabu, 30 Januari 2019

Pemkab Karangasem Gelar Acara Gathering Percepatan Pembangunan Karangasem Secret Soul Of Bali di Jakarta

Pemkab Karangasem Gelar Acara Gathering Percepatan Pembangunan Karangasem Secret Soul Of Bali di Jakarta

JAKARTA,Balikini.Net  - Untuk pemerataan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Karangasem, Pemkab Karangasem menggelar acara Gathering Percepatan Pembangunan Karangasem Secret Soul of Karangasem The Spirit of Bali di Jakarta, Selasa (29/1).

Acara yang dikemas dalam talkshow dan sharing sesion ini diisi dan dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, Tim Komunikasi Presiden AAGN Ari Dwipayana, Dirut Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, dan para tokoh asal Bali yang menetap di Jakarta dan sekitarnya.

Menteri Puspayoga dalam acara Gathering Percepatan Pembangunan Karangasem Secret Soul of Karangasem The Spirit of Bali, mengatakan pemerintah fokus untuk tidak sekadar mengejar pertumbuhan ekonomi tinggi tetapi memeratakannya.

"Pemerintah salah satunya tugasnya adalah memeratakan kesejahteraan masyarakat bukan sekadar mengejar pertumbuhan ekonomi saja," kata Puspayoga.

Oleh karena itu, Pemerintahan Jokowi-JK fokus untuk mengembangkan infrastruktur sebagai instrumen untuk memeratakan kesejahteraan.

Menurut dia, dengan infrastruktur yang memadai maka ekonomi berbiaya tinggi bisa ditekan sehingga kesejahteraan masyarakat pun akan semakin merata di seluruh Tanah Air.

"Infrastruktur yang menjadi fokus Presiden Jokowi sangat membantu perputaran ekonomi," katanya. Selain itu, Pemerintah juga mengucurkan dana desa ke desa-desa seluruh Indonesia sebagai upaya konkret dan bentuk pemerataan kesejahteraan.

"Dari Kementerian Koperasi dan UKM ada program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dulu bunganya 22 persen pertahun tapi di masa Pemerintahan saat ini bunganya dipangkas menjadi 9 persen dan saat ini bahkan sudah 7 persen pertahun," katanya.

Selain itu, pajak UMKM yang sebelumnya satu persen pun dipangkas menjadi hanya 0,5 persen sebagai bentuk keberpihakan pemerintah kepada para pelaku UMKM di Tanah Air.

Terkait dengan program-program itu, Menteri Puspayoga menilai hal tersebut sinkron dengan program Percepatan Pembangunan Karangasem, Bali. Ia pun menyarankan pembangunan di wilayah Karangasem dititikberatkan pada pemerataan kesejahteraan.

"Ada tiga jalan yang dapat ditempuh di antaranya percepatan pembangunan melalui dana APBN, sinergi dengan BUMN, dan menarik investor untuk masuk berinvestasi," katanya.

Pada kesempatan itu dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Pemkab Karangasem dengan Maskapai Garuda Indonesia dalam upaya sinergi percepatan pembangunan di Karangasem.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Teknik Garuda Indonesia I Wayan Susena dan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri.

Kerja sama tersebut melingkupi pendampingan para pelaku UMKM serta pengusaha pemula penggerak perekonomian yang menopang pariwisata Bali. Selain itu Garuda Indonesia juga akan memberikan dukungan terkait mobilitas dan konektivitas pelayanan jasa penerbangan.

Selain itu juga ditandatangani MoU antara Bupati Karangasem dengan garuda terkait pemberian bea siswa kepada siswa kurang mampu dari karangasem oleh garuda [*/krs/r5]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved