Kolaborasi Barongsai dan Sisingaan Menyatukan Kesenian 2 Negara - Bali Kini

Bali Kini

Bali Kini, Portal Berita Bali

Breaking News

Selasa, 05 Februari 2019

Kolaborasi Barongsai dan Sisingaan Menyatukan Kesenian 2 Negara

Subang,Balikini.Net - Atraksi Baronngsai di tahun baru Imlek ini menjadi sebuah pemandangan umum, namun di tempat wisata pemandian air panas sariater subang,atraksi barongsai dibuat berbeda yaitu mengkolaborasikan
dengan kesenian lokal sisingaan.

sambil beratraksi barongsai mengelilingi para penonton yang memberikan  angpao sambil diiringi musik khas barongsai, selasa(05/02/2019).

Atraksi barongsai yang berkolaborasi
dengan atraksi gotong sisingaan ini menjadi tontonan menarik bagi para pengunjung di wisata air panas sariater subang setiap tahunnya.

Seblum kolaborasi terlebih dahulu sisingaan melakukan berbagai atraksi dengan menaiki sisingaan oleh dua pemain yang dipundak salah seorang pemain sisingaan sambil berputar, atraksi ini tak luput mendapat uplos dari para pengunjung. 

Selain itu, dalam kolaborasi ini para pemain barongsai melakukan atraksi dengan berkeliling para pengunjung dan menaiki tempat area atraksi berupa meja tinggi dan di temani liong berukuran besar dengan panjang 11 meter, dan barongsaipun melakukan atraksi dengan menjulurkan badannya ke atas.

Menurut pemain barongsai, Mumuh (32) mengaku bangga dan terkesan, karena bisa bermain barongsai yang berkolaborasi dengan kesenian tradisional sisingaan khas subang,jawabarat.

"saya merasa bahagia dan terkesan, karena adanya kolaborasi antara barongsai dan sisingaan ini bisa menyatukan seni kesenian diantara dua negara, sehingga wargapun bisa menilai betapa kayanya kesenian di masing masing negaranya, " tambah mumuh.

Menurut Director Sales & Marketing Sariater Subang, Dian Radian mengatakan adanya  kolaborasi antara dua kesenian Sisingaan dan Barongsai di hari imlek tahun sekarang ini merupakan bentuk kepedulian pihak sariater dalam mewujudkan melestarikan kesenian tradisional gotong sisingaan dan memberikan hiburan bagi warga dalam mengisi hari libur imlek.  

ternyata dari kolaborasi ini dapat menghasilkan tontonan yang menarik, kolaborasi kesenian sisingaan dan barongsai ini sering ditampilkan setiap hari libur perayaan imlek, tidak hanya kolaborasi sisingaan dan barongsai saja yang ditampilkan,namun masih banyak kolaborasi kesenian lainnya setiap tahun yang ditampilkan sariater untuk memberikan hiburan bagi para pengunjungnya," tambahnya.

Ratusan pengunjung dan warga sekitar pun memenuhi lokasi atraksi untuk memonton secara dekat,mulai anak anak hingga dewasa tertarik menonton acara ini, pihak sariater akan terus menyajikan tontonan hiburan yang mengangkat seni budaya lain setiap tahunnya.[jb/r5]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net