-->

Selasa, 19 Februari 2019

Pendaftaran Resmi Ditutup, 163 Ogoh-Ogoh Di Denpasar Berebut 32 Besar 

Denpasar,Balikini.Net - Pendaftaran lomba ogoh-ogoh serangkaia menyambut Nyepi Caka 1941 tahun 2019 di Kota Denpasar telah ditutup secara resmi pada Senin (18/2) kemarin pukul 16.00 Wita. Dari pendaftaran yang telah dibuka sejak 18 Januari lalu,  berdasarkan data dari Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, sebanyak 163 oogoh-ogoh dari STT di empat kecamatan Kota Denpasar tercatat untuk mengikuti tahapan penjurian.

Adapun dari keseluruhan peserta yang terdaftar, sebanyak 47 ogoh-ogoh berasal dari Kecamatan Denpasar Timur, 44 ogoh-ogh berasal dari Kecamatan Denpasar Utara, 37 ogoh-ogoh berasal dari Kecamatan Denpasar Barat dan 35 ogoh-0goh berasal dari Kecamatan Denpasar Selatan dan bersiap untuk mengikuti tahap penjurian.

Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, IGN Bagus Mataram saat dikonfirmasi  Selasa (19/2) mengatakan bahwa seluruh rangkaian pendaftaran peserta lomba ogoh-ogoh telah usai. Dimana, keseluruhan peserta akan mengikuti tahap selanjutnya yakni penjurian yang dimulai tanggal 25 hingga 28 Februari mendatang dan secara berturut-turut dimulai dari Kecamatan Denpasar Timur, Denpasar Utara, Denpasar Barat dan berakhir di Kecamatan Denpasar Selatan. Sedangkan pengumuman hasi penjurian akan dilaksanakan pada 1 Maret.

“Selanjutnya akan dilaksanakan tahap penjurian, dimana juri beserta rombongan datang langsung ke banjar-banjar dimana oggoh-ogoh disiagakan,” ujar Mataram.

Lebih lanjut dikatakan, rangkaian penilaian akan melibatkan sembilan orang dewan juri yang berasar dari kalangan profesional dibidangnya. Nantinya, dari hasil penjurian ini akan dicari nominasi sebanyak 8 besar di masing-masing kecamatan, sehingga keseluruhanya akan berjumlah 32 yang akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 10 juta dipotong pajak.

“Sebagai ajang pelestarian seni, budaya dan tradisi kami beraharao seluruh STT menanmpilkan karya ogoh-ogoh terbaiknya,” jelas Mataram

Ngurah Mataram menekankan bahwa seluruh peserta lomba dan hasil penilaian lomba akan diserahkan ke desa pakraman untuk selanjutnya dilaksanakan pawai di masing-masing desa. Pihaknya juga berharap seluruh elemen yang terlibat saat malam pengerupukan agar tetap menjaga keamanan serta kondusifitas rangkaian Hari Suci Nyepi ini.

“Kepada semua pihak termasuk pesa pakraman, babinsa, Babinkamtibmas, Desa/lurah dan STT akan senantiasa mengawasi lingkungan sekitar agar terjaaga kondusifitasnya serta mentaati aturan pelarangan penggunaan soundsystem saat pawai ogoh-ogoh,” tegas Mataram. (Ags/r6)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved