Bangkitkan Motivasi Sebagai Desa Tujuan Wisata Pangdam Hadir Di Desa Baliaga. - Bali Kini

Bali Kini

Bali Kini, Portal Berita Bali

Breaking News

Sabtu, 16 Maret 2019

Bangkitkan Motivasi Sebagai Desa Tujuan Wisata Pangdam Hadir Di Desa Baliaga.

Buleleng,Balikini.Net - Diakhir pekan  pada Sabtu (16/3) Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P, hadir di Desa Baliaga, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng  didampingi oleh para pejabat teras Kodam IX/Udayana.

Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P, disela kunjungan mendampingi Pangdam menyampaikan, dalam lawatan ke Bali Utara, Pangdam IX/Udayana beserta rombongan mengikuti kegiatan Fun Offroad Baliaga Trail Adventure (BATA), yang diselenggarakan atas kerjasama Kodam IX/Udayana dengan Owner Krisna oleh-oleh I Gusti Ngurah Anom ( Ajik Cok) dan Club Penghobi Motor Cross, yang digelar di wilayah Desa Baliaga, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengendarai  Motor Trail melewati jarak tempuh sekitar 45 km, menjelajahi  Desa Baliaga (Ds.vCempaga, Ds. Sidetapa, Ds. Tigawasa, Ds. Pedawa dan Ds. Banyuseri) dengan tujuan untuk menikmati indahnya panorama   pegunungan sekaligus memperkenalkan Desa Baliaga yang saat ini sedang diorbit sebagai salah satu daerah tujuan wisata baik domestik maupun manca negara disamping objek wisata andalan lainnya yang sudah ada di Pulau Dewata ini.

Adventure offroad dengan motorcross yang menyenangkan ini juga dirangkaikan dengan beberapa kegiatan go green  dan kemanusiaan yang dapat mendukung pelestarian dan keindahan alam Desa Baliaga seperti, penghijauan yang dilaksanakan dengan menanam bibit pohon Durian, Pala, Intaran, Kemiri dan Pule, dengan tujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan, pepohonan yang merupakan salah satu penyangga yang sangat bermanfaan bagi kehidupan seperti terjaganya ketersediaan air bersih, penyerapan karbon dioksida (Co2), penyerapan debu, penahan erosi dan banjir, penghasil oksigen untuk pernapasan serta penyejuk udara disekitarnya . 

Keindahan alam dan lingkungan yang lestari dengan rindang pepohonan yang asri  tentu menjadi perhatian masyarakat lokal maupun manca negara karena manfaatnya yang dinilai sangat penting dan murah serta aman dalam membantu mengatasi salah satu permasalahan perubahan iklim global terutama pemanasan bumi, sehingga diharapkan akan mampu menarik simpati para wisatawan baik domestik maupun manca negara. 

Kemudian disamping penanaman pohon Pangdam didampingi Ibu Ketua Persit KCK PD IX/Udy  juga melaksanakan pelepasan burung di dusun Cempaga sebagai salah satu langkah kongkrit dalam upaya untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian serta keberlangsungan ekosistem, apabila salah satu spesies mengalami kepunahan maka akan mengancam keberlangsungan ekosistem yang pada akhirnya juga akan mengancam kepunahan spesies lainnya. Karena itu menjaga dan memelihara keberlangsungan ekosistem  mempunyai arti yang sangat penting bagi keseimbangan alam sekitar.

Kemudian ditempat yang sama Pangdam dan Ibu Ketua Persit KCK PD IX/Udy menyerahkan 250 paket sembako kepada masyarakat yang berdomisili di lima dusun Desa Baliaga (Ds.Cepaga, Ds.Sidetapa, Ds. Tigawasa, Ds.Pedawa dan Ds.Banyuseri) sebagai wujud apresiasi dan perhatian Pangdam terhadap masyarakat yang masih membutuhkan uluran tangan dalam memenuhi kebutuhan pokoknya.

Adapun route yang ditempuh dalam kegiatan tersebut diawali dari titik start di wantilan Ds. Cempaga selanjutnya menuju Dsn. Pangusari untuk melaksanakan penanaman pohon di areal Pura Gedong Sari, kemudian menuju Ds. Tigawasa beristirahat dirumah Ketua Baliaga Adventure Trail (BATA), Bapak Yogi untuk santap siang.

Selanjutnya dari Rumah Bapak Yogi perjalanan dilanjutkan menuju tempat pelepasan Burung dan penyerahan sembako di Dsn. Ingsakan, Ds. Cempaga kemudian menuju Kubu Hobbit Dusun Asah untuk meninjau objek wisata berupa rumah adat tradisional Baliaga dan finish di depan Kantor Kepala Desa Banyuseri, disambut antusias oleh warga masyarakat dan jajaran Muspika Kecamatan Banjar, Kepala Desa Banyuseri beserta segenap Perangkat Desa Banyuseri, demikian papar Kapendam.

Para pejabat yang ikut dalam kegiatan tesebut antara lain: Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Kapok Sahli Pangdam, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Perwira Staf Ahli Bidang OMP, Para Komandan/Kabalak Kodam IX/Udayana, Dandim Buleleng, Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD IX/Udayana beserta pengurus, dan sejumlah pejabat lainnya.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net